Bupati Berharap Budaya Baca Ditumbuhkan Sejak Dini

kotatuban.com – Bupati Tuban Fathul Huda mengatakan, orang Indonesia lebih suka mendengarkan daripada membaca, terbukti karena mereka saat ini lebih suka menonton TV atau bermain gadget.

“Untuk itu, ini semua adalah tugas kita bersama menumbuhkan gemar budaya membaca masyarakat hingga suatu ketika kelak membaca menjadi budaya masyarakat,” kata Bupati Huda saat membuka lomba Gemar Membaca Tahun 2019 dalam rangka Memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca, di halaman Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) di Jalan Sunan Kalijaga, Selasa (17/9).

Gerakan Literasi harus ditunjang oleh semua sektor, dan leading sektornya adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Kelebihan dari membaca tidak hanya sekedar menghafal, tapi memperoleh nilai membaca itu. “Seperti halnya yang disampaikan oleh Bapak Proklamator kita, membaca tanpa direnungkan seperti halnya makan tanpa dicerna. Karena jika tanpa direnungkan tidak akan mungkin ditindak lanjuti dengan tindakan,” terangnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban, Joko Prijono, menyampaikan, kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan pelajar dari berbagai tingkatan pendidikan. Mulai dari kelompok Belajar (KB) hingga tingkat SLTA sederajat. “Kegiatan ini merupakan agenda rutin untuk mempromosikan perpustakaan umum. Tujuannya untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca masyarakat,” ungkapnya (rto)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban