Bupati Huda Berangkatkan CJH Tuban

kotatuban.com – Bupati Tuban Fathul Huda memberangkatkan secara langsung 1.009 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Tuban. Pemberangkatan calon tamu Allah tersebut dari Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Selasa (31/07).

Dalam pengarahannya, Bupati Huda menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kelancaran pemberangkatan CJH Kabupaten Tuban tahun 2018.

Substansi haji, lanjut Bupati Huda harus dipahami dengan sepenuhnya oleh tiap-tiap calon haji. Bukan semata-mata untuk menjalankan ibadah dan rukun Islam. Lebih dari itu, haji merupakan ibadah untuk melatih dan membentuk individu yang lebih baik yang pada gilirannya nanti menciptakan kesejahteraan di dunia dan kebahagiaan di akhirat.

Pada kesempatan tersebu Bupati Huda juga berdoa agar CJH Tuban berangkat dengan sehat dan kembali ke tanah air dengan sehat pula. Di samping itu, Bupati berharap para CJH juga dikaruniai kesabaran, lapang dada, dan sifat pemaaf.

“Karena ketika di Makkah nanti akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai dunia dan karakter, maka harus mengamalkan sifat-sifat tersebut,” ungkap Bupati Huda.

Bupati berpesan kepada CJH agar bersikap tawadu. Tidak merasa ibadah yang dilakukan lebih sempurna dari orang lain. Sikap tawadu juga harus diterapkan ketika menghadap Allah. Artinya, merasa dirinya sangat lemah sehingga sangat membutuhkan pertolongan Allah. Juga harus bersikap dermawan sesuai dengan kemampuan masing-masing CJH.

“Saya juga berdoa semoga CJH dikarunia sifat akhlaqul karimah, yaitu sifat peduli kepada yang membutuhkan dan tidak egois,” imbau Bupati.

Secara khusus, Bupati dua periode ini menitipkan doa kepada CJH untuk mendoakan bangsa Indonesia, masyarakat di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Tuban.

“Kita doakan negara kita, provinsi kita, kabupaten Tuban kita, diberikan kemakmuran dan hidayah oleh Allah sehingga menjadi orang-orang yang taat kepada Allah,” harap Bupati.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, M. Sahid menerangkan pada tahun 2018 Kabupaten Tuban memberangkatkan 1.009 CJH yang masuk dalam kloter 42, 43, dan 44 embarkasi Jawa Timur. Khusus untuk kloter 44, calon jamaah haji Tuban akan tergabung dengan calon jamaah haji dari Pacitan, Surabaya, Gresik dan Bojonegoro.

“Sebelumnya, jumlah CJH sebanyak 1.010 orang. Namun pada tanggal 26 Juli yang lalu, atas nama Sutarmin dari Kecamatan Senori dipanggil Allah,” terang Sahid. (rto)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban