Bupati Sarankan Petani Ikuti Asuransi Pertanian

Bupati Tuban Fathul Huda
Bupati Tuban Fathul Huda

kotatuban.com – Bupati Tuban Fathul Huda menyarankan kepada para petani untuk mengikuti asuransi pertanian. Sehingga, jika lahan pertanian milik petani gagal panen yang disebabkan oleh bencana alam atau serangan hama petani tidak merugi.

”Kami berharap semua petani yang ada di Kabupaten Tuban mengikuti asuransi pertanian. Sehingga, jika terjadi gagal panen baik disebabkan oleh bencana alam maupun hama kerugiannya dapat diganti oleh asuransi tersebut,” terang, Bupati Huda saat meninjau jebolnya tanggul Avour Jambon Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Jumat (26/02).

Terlebih, lanjut Bupati Huda mengatakan, petani yang berada diwilayah rawan bencana harus mengikuti asuransi pertanian tersebut. Jika petani sudah mengikuti asuransi pertani akan merasa nyaman dan tidak takut jika terjadi gagal panen.

”Saya rasa asuransi pertanian ini wajib diikuti oleh para petani,” tandasnya.

Saat disinggung apakah petani yang mengalami gagal panen atau puso akibat bencana alam tersebut, Bupati Huda mengaku sampai saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti. Pasalnya, belum ada petunjuk secara pasti dari pusat.

”Kami belum mengetahui secara pasti apakah petani yang gagal panen akan diberkan ganti rugi atau tidak, karena belum ada petunjuk dari pusat. Yang pasti kami telah memiliki data petani yang gagal panen disebabkan oleh bencana alam ini,” pungkasnya.

Menurut Kabid Pertanian, Dinas Pertanian Tuban, Parno, di Tuban sudah ada beberapa wilayah pertanian yang diasuransikan. Asuransi itu sebetulnya murah, karena hanya Rp 180 ribu per hektar setiap musim. Namun, jika ada program pemerintah disubsidi Rp 144 ribu per hektar setiap musim. Sehingga petani hanya membayar Rp 36 ribu setiap hektarnya.

“Tahun depan memang ada pogram subsidi asuransi untuk tanaman pertanian. Namun, Tuban dapat jatah berapa hektar dari pemerintah pusat pihaknya masih belum tahu. Semoga dap[at yang banyak,” tutur Parno. (duc)

 

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban