Cabup Partai Golkar Tuban Terancam Tak Dapat Rekomendasi DPP

image

kotatuban.com-Rencana Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Tuban, untuk mengusung calon bupati atau wakil bupati dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten setempat diprediksi akan menemui ganjalan.

Pasalnya persoalan dualisme kepemimpinan partai berlambang pohon beringin itu masih menyisakan polemik yang belum teraelesaikan. Sebab, hal iti bakal menjadi  kendala bagi bakal calon bupati di dareah lantaran rekomendasi yang masih sulit didapatkan.

“Memamg rekomendasi dari DPP parta menjadi salah satu syarat. Disamping itu, sebelum parpol ikut serta dalam pemilu juga harus jelas dan sah secara hukum,” ujar Ketua Komisi Pemilohan Umum Daerah  (KPUD) Tuban Kasmuri, Sabtu (4/4).

Kasmuri menjelaskan, dalam aturan disebutkan, untuk mengusung calon bupati maupun wakil bupati, keharusan adanya persetujuan pengurus partai di tingkat DPD atau DPW, serta DPP. Persetujuan dibuktikan adanya surat keputusan yang ditandatangani ketua dan sekretaris partai di tingkat pusat.

Bila syarat tak bisa dipenuhi, lanjutnya,  proses pencalonan dianggap tak sah. Pimpinan parpol yang berhak menandatangani surat keputusan yaitu yang sah secara hukum dan aktif.

“Pengurus parpol yang sah yaitu yang diakui oleh Kemenkumham,” kata Kasmuri.

Disinggung kepengurusan Partai Golkar, Kasmuri menyatakan KPU belum mempunyai daftar parpol yang sah dan terdaftar di Kemenkumham, termasuk Partai Golkar. Selanjutnya terkait hal itu KPU berencana meminta daftar parpol yang sah kepada Kemenkumham.

“Sampai hari ini kami masih menunggu KPU Pusat yang masih berkordinasi dengan Kememkumham. Kami juga masih memunggu bagaimana petunjuk dari KPU Pusat,” lanjutnya.

Adapun daftar parpol penting bagi KPU untuk menentukan kepengurusan parpol yang berhak mengikuti tahapan pilkada. Daftar parpol itu nanti akan menjadi rujukan KPUD.

“Itu karena salah satu syarat pencalonan adalah adanya persetujuan pengurus parpol, atau yang disebut rekomendasi itu,” imbuh Kasmiri. (kim).

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban