CJH Tuban Ikuti Manasik Akbar

Masik haji akbar
Masik haji akbar

kotatuban.com-Ratusan calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Tuban mengkuti bimbingan manasik haji akbar yang dilaksanakan di lapangan golf mini komplek perummahan dinas Semen Gresik, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Tuban. Manasik haji akbar tersebut merupakan bimbingan terakhir bagi calon jamaah haji sebelum keberagkatanya yang dijadwalkan pada 23 September mendatang.

Kasi Haji dan Umroh, Kementrian Agama Kabupaten Tuban, Siti Maulidiyah mengatakan, bimbigan manasik dan pembekalan terahir tersebut bertujuan untuk memberikan gambaaran kepada jamaah haji tentang pelaksanaan ibadah haji di tanah suci. Diharapkan, dengan kegiatan ini jamaah haji tidak menemui kesulitan dalam melaksanakan ibaddah haji.

“Ini merupakan manasik yang ketiga, yang bertujuan memberikan gambaran pelaksanaan haji di tanah suci. Atribut dan lingkunganpun kami seting sedemikian rupa, mulai dari ka’bah, dan tembat melempar jumroh serta urut-urutanya kita seting seperti pelaksanaan haji yang sesungguhnya,” kata Siti Maulidiyah

Seluruh calon jamaah haji asal kabupaten Tuban yang yang berjumlah 767 jamaah akan berangkat dalam dua kelompok terbang (Kloter), yakni Kloter 55 yang terdiri dari 444, jamaah asal Kabupaten Tuban, dan  323 jamaah akab bergabng dengaan jamaah asal Surabaya yang terbang menggunakan kloter 56.

“Jumlah itu akan terbagi dalam dua kloter, satu kloter penuh adalah jamaah asal Tuban, sementara satu kloter lainyaa akan bergabung dengan kloter Surabaya,”  terang Maulidiyah.

Sampai hari ini, seluruh persiapan kementrian Agama Tuban untuk pemberangkatan jamaah haji sudah seluruhnya tuntas. Setelah bimbingaan hari ini, data kesehatan jamaah haji akan langsuung diserahkan ke Surabaya, berikut surat penempatan asrama selama pelaksanaan ibadah haji di tanah suci.

“Persiapan sudah semua, besok ini kami akan serahkan surat kesehatan dan surat penembatan asrama, sampai persiapan terahir koper jamaah haji sehari sebelum pemberangkatan,” sambung Maulidiyah.

Dia menghimbau, kepada para calon jamaah haji, agar selalu menjaga kondisi kesehatannya, sebab, kurang dari dua pekan lagi meereka akan berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji.
“Kami minta seluruh jamaah haji menjaga kesehatan, sebab selama pelaksanaak ibadah haji itu juga di butuhkan kondisi fisik yang baik, makanya jangan sampai sakit,” himbaunya. (kim).

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban