CJH Tuban Proses Pembuatan Paspor

image
Kasi Pemberangkatan Haji dan Umroh, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupate Tuban, AbdulGofar

kotatuban.com-Sebanyak 670 Calon Camaah Haji (CJH) Kabupaten Tuban, yang akan diberangkatkan paada musim pemberangkatan haji tahun ini tengah proses pengurusan paspor. Sebelumnya, seluruh calon jamaah yang dipastikan berangkat tahun ini, terlebih dahulu melakukan pendataan dan pengambilan foto untuk keperluan pembutan tanda pengenal selama melaksanakan ibadah di tanah suci.

“Proses pendataan untuk paspor termasuk foto sudah dilakukan, sekarang ini sedang pembayaran di bank yang ditunjuk,” ujar Kasi Pemberangkatan  Haji dan Umroh, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupate Tuban, AbdulGofar, Rabu (04/05).

Menurut Gofar, kuota calon jamaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini berjumlah 770 jamaah. Kuota tersebut nantinya bisa bertambah dan berkurang, tergantung kebijakan pemerintah pusat. Salah satunya adalah kebijakan penambahan dan pembagian kuota kosong yang dapat diisi oleh para pendaftar haji yang ada di daftar tunggu.

“Jumlah itu belum pasti juga, namun, kuota yang kami terima sementara ini sejumlah itu (770), bisa berkuran juga bertambah, tergantung kebijakan pusat nanti menjelang pemberangkatan,” terang Gofar.

Gofar menjelaskan, bersamaan dengan proses pemasporan ini, calon jamaah haji juga melakukan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di Puskesmas masing-masing Kecamatan calon jamaah tinggal. Data kesehatan tersebut kemudian dijadikan acuan sebelum calon jamaah ini diberangkatkan untuk melaksanakan ibadah rukun islam kelima itu.

Setelah pemasporan ini, lanjut Kasi Haji itu, persiapan selanjutnya adalah bimbingan manasik haji yang akan dilaksanakan beberapa kali seperti tahun sebelumnya.

“Setelah proses ini akan kami laksanakan bmbingan manasik, nsmun kami masih menunggu petunjuk dari pusat,” katanya.

Untuk diketahui, jumlah jamaah haji Kabupaten Tuban tahun lalu seluruhnya berjumlah 633 jamaah. Seluruhnya diberangkatkan dengan dua kelompok terbang yakni kelompok terbang 35 dan 36. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban