Coklit Bermasalah Panwaslu Rekomendasikan Validasi Ulang

Ketua Panwas Kabupaten Tuban, Sullamul Hadi
Ketua Panwas Kabupaten Tuban, Sullamul Hadi

kotatuban.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban merekomendasikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 Kelurahan Perbon Kecamatan Tuban, dan TPS 9 Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan dilakukan validasi ulang pemilih.

Pasalnya, kedua TPS tersebut diduga petugas pemutahiran data pemilih (PPDP) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tuban 2015 ini tidak melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih dengan baik. Sehingga, TPS tersebut banyak hak konstitusional warga untuk memilih tidak terakomodasi.

”Kita merekomendasikan verifikasi ulang kedua TPS tersebut. Karena kita menemukan masih bayak warga yang hak konstitusional terabaikan di dua TPS tersebut,” ungkap, Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban Sullamul Hadi kepada kotatuban.com, Selasa (01/09).

Dikedua TPS tersebut, lanjut Sullamul Hadi, banyak data pemilih ganda, meninggal dunia tapi masih masuk dalam data pemilih, dan ada masyarakat yang sudah pindah tempat masih masuk dalam data pemilih. Selain itu, ada juga masyarakat yang telah memiliki hak pilih, namun tidak terdaftar.

”Kita mau data pemilih itu yang sesuai, dan masyarakat yang memiliki hak pilih juga harus terdaftar. Selain itu, jika dari awal data itu amboradul nantinya juga amboradul,” tandasnya.

Sementara itu, Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data KPU Tuban Salamun mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kedua kecamatan tersebut.

”Kita belum menerima laporan itu baik dari PPK Tuban maupun PPK Singgahan. Akan kita cek dulu dilapangan dulu. Tapi waktu pleno dengan Panwaslu tidak ada masalah terkait data pemilih,” pungkasnya. (duc)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban