Demi Anaknya, Rela Gadaikan BPKB untuk Beli Sepatu Roda

Heni bersama Hidnarto, Pengurus Sepatu Rioda Jawa Timur
Heni bersama Hidnarto, Pengurus Sepatu Rioda Jawa Timur

kotatuban.com– Meski hanya dengan modal tekat, Heni Tinawati asal Tuban mampu menjadi juara diberbagai ajang kejuaraan sepatu roda bergengsi. Keinginan kuat dan kesungguhan atlit sepatu roda yang masih duduk di bhangku neklas 1 SMP itu, prestasi demi prestasi dapat diraihnya. Kini atlit sepatu roda kelahiran Desa Kembangbilo, Kecamatan Tuban itu fokus mengikuti kejuaraan antar klub sepatu roda se Jawa Timur.

Heni adalah anak pertama pasangan suami istri Kasmilan (35) dan Suparti (33), Warga Desa Kembangbilo, Kecamatan Tuban. Menurut orang tua Heni, kecintaanya terhadap olahraga sepatu roda sudah tampak sejak dia duduk dibangku kelas lima sekolah dasar.

” Dia itu suka olahrga sepatu roda sejak kelas 5 Sekolah Dasar (SD),” kata Kasmilan, “ Rabu (22/4).
Bakat Heni semakin terlihat,  anak itu semakin rajin bermain sepatu roda.  Melihat bakat anaknya itu orangtuanya mendaftarkan anaknya disalah satu klub sepatu roda, Tuban Profosional (Tepro), agar anaknya lebih baik bermain sepatu roda.

“Saya inikan bukan pelatih, mau ngajari anaksaya sepatu roda juga pasti tidak bisa, akhirnya saya gabungkan dia di klub sepatu roda agar dilatih oleh para pelatih yang profesional, “ katanya.

Prestasi Heni mulai terlihat dalam berbagai kejuaraan. Sebagai orangtua, Kasmilan ingin sekali mendukung anaknya itu dan membelikan sepatu roda yang lebih baik, namun karena keterbatasan dana, Kasmilan hanya mampu membelikan sepatui roda anaknya bekas pakai. Itupun dia harus menggadaikan surat kendaraan miliknya untuk mendapatkan uang membeli sepatu roda.

“Saya konsultasi sama pelatihnya, ternyata agar lebih bagus anak saya itu harus ditunjang dengan peralatan yang lebih baik, karena saya seanag melihat anak saya berprestasi saya akhirnya gadaikan BPKB motor dan membeliokan sepatu roda anak saya, saat itu harganya Rp5.500.000, itu saja bekas, sebab jenis itu harganya bisa puluhan juta kalau baru,” papar Kasmilan.

Hasilnya, dengan bekal sepatu roda bekas itu heni tercatat pernah menjuarai berbagai tingkat perlombaan diantaranya  juara 3 kelas 1000 meter, piala bupati malang,  Juara 3 Piala KONI  Walikota Surabaya kelas 1000 meter, juara 1  Porkap Tuban , di tahun 2014, dan juara 2 sped 5000 serta sped 1000 meter.

Saat ini, Heni Tinawati, bersama tim satu klub-nya mulai fokus menyiapkan lomba antar klub sepatu roda se-Jawa Timur yang rencananya akan digelar pada tanggal 22-23 bulan Mei mendatang.

“Heni memang berbakat, anak itu mudah diarahkan. Sekarang kita tengah persiapan, Setelah lomba antar klub, kan dilanjutkan seleksi dan diambil terbaik untuk mewakili Jatim. Seleksi itu rencanya akan berlangsung bulan Agustus, di Semanor Sidoarjo,” ungkap  Pardi, pelatih Heni di klub Tepro. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban