Demo Sambut Presiden SBY, 4 Aktivis Diamankan Petugas

kotatuban.com– Demo yang digelar puluhan mahasiswa dari Forum Mahasiswa Tuban menyambut kedatangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Tuban ricuh. Kericuhan terjadi, ketika rombongan mahasiswa berada di pertigaan barat  Taman Makam Pahlawan (TMP), Jalan Pahlawan, Tuban, dihadang puluhan petugas kepolisian, Rabu (12/3).

Petugas saat mengamankan aksi demo mahsiswa sambut kedatangan Presiden SBY di Tuban
Petugas saat mengamankan aksi demo mahsiswa sambut kedatangan Presiden SBY di Tuban

Rencana Presiden SBy bakal melakukan kunjungan kerja ke Tuban, Kamis (13/3). SBY dijadwalkan meresmikan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di DEsa Bulurejo, Kecamatan Bancar. Selain meresmikan PPI, SBY bakal mengunjungi peternakan Wahyu Utama di perbatasan dengan Jawa Tengah.

Untuk menyambut kedatangan orang nomor satu di nusantara ini kalangan mahasiswa di Tuban melakukan aksi demo. Sayangnya, petugas meminta supaya mahasiswa menanggalkan spanduk berisi tuntutan yang mengecam pemerintahan Presiden SBY yang mereka bawa menuju kantor Pemkab Tuban. Selain membentangkan spanduk, di sepanjang perjalanan mahsiswa terus melakukan yel-yel mengecam pemerintahan SBY.

“Kami tidak akan melepaskan spanduk ini,” teriak beberapa mahasiswa menolak permintaann petugas.

Mendapat penolakan, puluhan petugas langsung menghadang rombongan mahasiswa. Aksi saling dorong dan juga kericuhan tidak dapat dihindari ketika mahasiswa berusaha mempertahankan spanduk yang mereka bawa.

Bahkan empat mahasiswa yang diketahui berasal dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) diamankan petugas keamanan. Merekalangsung dimasukkan kedalam truck.

“Jangan ada yang memukul, diamankan saja,” kata salah satu perwira kepolisian di lokasi memperingatkan anggota mereka.

Melihat empat rekannya ditahan, kontak mahasiswa yang terdiri dari beberapa elemen mahasiswa tersebut semakin beringas. Mereka sempat mengejar petugas dan berusaha menahan truck dimana rekan mereka ditahan.

“Kami sudah memasukkan ijin aksi kali ini, kenapa teman kami ditahan?” kata Fathur, salah satu aktivis mahasiswa dari PMII Tuban.

“Ada empat rekan kami yang ditahan, kami minta supaya petugas keamanan membebaskan mereka,” jelas Syaiful, salah satu aktivis dari LMND Tuban.

Diketahui, empat mahasiswa yang ditahan adalah Niha, Rudin, Winda, dan juga Sudir. Mereka langsung diangkut menggunakan truck dan diamankan petugas kepolisian.

Sementara itu Kapolres Tuban AKBP Ucu Kuspriyadi menjelaskan, pihaknya tidak bermaksud membubarkan aksi demo itu. Meski, aksi demo mahasiswa itu tidak disertai ijin. “Kami hanya melokalisir, tidak berniat membubarkan. Demo itu hak mereka untuk menyampaikan aspirasi, namun, hendaknya mematuhi aturan,” terang Kapolres Ucu Kuspriyadi. (duc)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban