Dewan Berharap Bulog Perketat Kontrol Raskin

image
Anggota Komisi B DPRD Tuban Cancoko (tengah) bersama petguas Bulog saat sidak di gudang Bulog Wire, Tuban

kotatuban.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban berharap Badan Urusan Logistik (Bulog) Tuban lebih selektif lagi dalam melakukan penyortiran beras dari pengepul. Sehingga, ke depan tidak lagi ditemukan beras miskin (Raskin) tidak layak kosumsi yang dibagikan kepada masyarakat.

”Beras tidak layak kosumsi beredar di tengah-tengah masyarakat kan sudah sering terjadi, tapi masih saja ditemukan. Dan kita berharap Bulog lebih selektif lagi dalam mengelola raskin,” ungkap, anggota Komisi B DPRD Tuban, Cancoko, ketika melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di gudang Bulog Wire, Jalan Pahlawan, Jumat (20/11).

Menurutnya, Bulog harus menerapkan sistem kontrol yang baik dalam penerimaan beras. Utamanya, beras yang akan dibagikan untuk masyarakat.

”Saya melihat kondisi gudang ini baik, jadi mungkin ada masalah ketika melakukan penerimaan beras dari rekanan. Dan lebih selektif lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bulog Sub Divre Bojonegoro, Omar Sharif, menyebut pihaknya akan berkomitmen memenuhi proses penyortiran dan pemeriksaan. Hanya saja, setiap beras mempunyai daya tahan yang berbeda-beda. 

”Ada beras yang tahan berbulan-bulan, dan ada juga beras yang cepat menua. Dan mungkin beras yang kualitasnya jelek itu terselip dan akhirnya terdistribusi ke masyarakat,” ujar Omar.

Selain itu, Bulog juga meminta maaf terkait masih adanya penemuan Raskin tak layak konsumsi yang beredar di masyarakat. Kedepannya, Bulog akan memperketat standarisasi dan seleksi beras yang masuk,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban