Di Tuban, Cabai Rawit Tembus Rp. 60 Ribu/kg

cabaikotatuban.com– Musim kemarau yang memasuki puncaknya membuat sebagian besar hasil pertanian juga menurun lantaran banyak tanaman mati kekeringan. Akibatnya, hasil panen petani juga mengalami penurunan. Hal tersebut juga terjadi pada tanaman cabai. Akibat menurunnya hasil panen, pasokan cabai dari petani lokal pun turun. Hal ini disinyalir menjadi salah satu faktor naiknya harga cabai di beberapa pasar di Tuban.

“Sudah dua minggu lebih mas, ini juga kiriman sudah sedikit, distributor lokasl sudah tidak mengirim cabai lagi,” terang Tomo (50), pedagang Cabai di Pasar Baru Tuban.

Tomo mengatakan, harga cabai rawit saat ini mencapai Rp.60.000 per/kg, padahal harga cabai jenis ini sebelumnya hanya Rp.45.000 per/kg. “Cabai rawit yang naiknya cukup banyak, sekitar 20.000 per/kg,” kata Tomo.

Kenaikan harga tidak hanya terjadi pada cabai rawit, cabai jenis lain seperti cabai kriting dan cabai hijau biasa juga mengalami kenaikan harga meski tidak terlalu signifikan. Untuk harga cabai kriting, saat ini dihargai Rp.32.000 per/kg, padahal sebelumnya berkisar antara Rp.29.000- 30.000 per/kg. Sedangkan cabai hijau dari harga Rp.25.000 menjadi Rp.29.300 per/kg.

“Kalau cabai itu biasanya naik juga barengan mas, satu jenis naik, jenis lainnya juga akan naik,” lanjut Tomo.

Diprediksi, tingginya harga cabai akan bertahan hingga dua bulan ke depan jika pasokan dari petani cabai lokal belum masuk pasaran. “Petani lokal sekarang ini masih siap-siap tanam, kalau belum ada pasokan biasanya cabai akan terus mahal,” pungkas Tomo.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban