Di Tuban Sembilan Orang Meninggal Digerogoti AIDS

ilustrasi
ilustrasi

kotatuban.com-Sepanjang  Januari hingga Agustus 2015, sembilan Orang Dengan HIV Aids (ODHA) dilaporkan meninggal dunia. Persoalan tersebut tentu tidak dapat dipandang sebelah mata dan butuh keseriusan semua pihak dalam penanganan. Antisipasi menyebarnya penyakit yang menyerang kekebalan tubuh di Bumi Wali ini tidak hanya cukup diserahkan Dinas Kesehatan sebagai pemegang otoritas kesehatan di Kabupaten Tuban. Tapi, juga perlu keterlibatan semua pihak.

“Hingga Juli lalu sudah tercatat 9 orang meninggal karena Aids dari 50 orang penderita Aids yang dulaoporkan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Saiful Hadi, Selasa (22/9).

HIV Aids merupakan persoalan serius yang membutuhkan peran serta seluruh lapisan masyarakat. Sebab HIV masih dipandang momok menakutkan dan aib sehingga tidak sedikit yang merahasiakan penyakit tersebut. Bahkan, keluarga penderita juga merasa malu, sehingga, tidak jarang mereka justru menyembunyikan penderita dan tidak mau berobat ke rumah sakit atau dokter.

“Memang butuh peran serta seluruh lapisan masyarakat, karang HIV danggap momok memalukan dan dirahasiakan sehingga penanganan seringkali terlambat berobat. Ini menjadi persoalan serius yang harus kita selesaikan bersama,” kata Saiful.

Targisnya, lanjut Saiful,  ODHA yang meninggal adalah mereka yang masih usia produktif antara 35 tahun hingga 50 tahun. “Tahun ini kebanyakan yang meninggal usia produktif,” katanya.

Yang lebih memprihatiknan lagi, dari tahun ke tahun, tren ODHA diprediksi terus meningkat, hal itu terlihat dari jumlah temuan ODHA secara nasional yang juga terus mengalami peningkatan.

“Kalau di Tuban mestinya juga meningkat, karena secara nasional data ODHA juga meningkat,”  tambahnya.

Saiful menghimbau, agara msyarakat tidak suka bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan sex bebas karena penularan HIV paling banyak adalah melalui hubungan sex.

“Penularan paling banyak masih dari hubungan Sex, makanya setia pada pasangan sangat penting selain itu juga hindari narkoba karena itu juga akan memicu pergaulan bebas,” himbaunya. (kim).

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban