Direstui Kongco Kwan Sing Bio Rayakan HUT Besar-besaran

Klenteng Kwan Sing Bio Tuban
Klenteng Kwan Sing Bio Tuban

kotatuban.com – Setelah mendapatkan restu Kongco Kwan Sing Tee Koen, umat Tri Darma kelenteng Kwan Sing Bio bakal menggelar HUT Kongco Kwan Sing Tee Koen, yang ke 1853 secara besar-besaran. Puncak kegiatan tahunan itu bakal dihelat pada 7-9 Agustus 2015 mendatang.

“Konco memberikan restu untuk bisa diarak, sehingga, kegiatan ini lebih besar dan meriah dibanding sebelumnya. Kalau tidak mendapatkan restud ari Kongco kami tidak berani melakukan HUT dengan mengarak Kongco,” jelas Ketua Panitia HUT, Liu Pramono alias Liu Kok Liong, Selasa (07/07).

Ditambahkan, arak-arak yang merupakan salah satu kegiatan HUT Kongcfo Kwan Sing Tee Koen ini bakal diikuti umat klenteng seluruh nusantara, yang jumlahnya diperkirakan lebih dari 50 klenteng. Selain arak-arakan, klenteng termegah se Indonesia ini juga bakal melakukan berbagai kegiatan lain, seperti, bakti sosial (baksos) membagikan 500 paket sembako di klenteng Kwan Sing Bio Tuban, pagelaran wayang kulit dengan dalang Te Tiong Hauw, selain juga hiburan musik dengan artis ternama.

Selanjutnya, penyambutan kim sin dengan acara hiburan artis Vicky Shu dari Jakarta dan Huang Chu ERL dari Malaysia. Untuk pembawa acara pada perayaan Bob Ohelo, Three Kingdoms dan Dancer Group dan di lanjutkan denga lelang kalung.

”Pada puncak acara HUT ini pada hari Sabtu tanggal 8 Agustus 2015 pukul 11:00 juga akan digelar upacara dan sembahyang bersama seluruh umat Tri Darma.

Sedangkan, pada 9 Agustus dilakukan kirap keliling Kota Tuban dengan rute sekitar 6 kilo meter. Sedangkan, jumlah pengikut kirap yang saat ini sudah mendaftar ke panitia tercatat sebanyak 33 peserta dari masing-masing daerah dan kota di seluruh Indonesia.

”Perkiraan peserta kirab nanti akan mencapai sekitar 50 peserta, bahkan bisa lebih,” ujar Liu Pramono, didampingi  Bambang Joko Santoso, salah satu panitia HUT.

Kegiatan HUT secara besar-besar seperti yang direncanakan tahun ini sebetulnya sudah dilaksanakan lima tahun lalu, dan selebihnya hanya dilakukan peringatan secra sederhana, karena belum emndapatkan restud ari Kongco.

”HUT Kongco ini kita rayakan secara besar pada tahun ini. Sebelumnya, kita rayakan secara besar-besaran pada tahun 2010 lalu,” pungkasnya. (duc)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban