Dishub Kaji Pembangunan Terminal di Rengel

kotatuban.com – Sebagai perwujudan dari Peraturan Daerah Kabupaten Tuban no: 9 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Pengembangan Terminal Penumpang Tipe C, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban mengadakan Kajian Penyelenggaraan Terminal Tipe C di Kecamatan Rengel.

Kepala Dishub Kabupaten Tuban, Muji Slamet, menyampaikan bahwa pembangunan terminal di Rengel termasuk penting. Hal ini bertujuan mengurai kemacetan yang terjadi akibat angkutan umum yang sering berhenti sembarangan.

Sektor transportasi merupakan sektor yang memegang peranan penting dalam upaya pengembangan wilayah, utamanya transportasi darat. Sasaran pembangunan ini lebih mengutamakan pelayanan publik.

“Salah satunya angkutan umum pedesaan,” ungkap Muji Slamet, Senin (27/08).

Dipilihnya Kecamatan Rengel sebagai lokasi pembangunan terminal Tipe C karena menjadi simpul, atau titik pertemuan dari beberapa kecamatan. Yakni, dari wilayah Kecamatan Grabagan, Soko, Parengan, dan Kecamatan Plumpang. Selain itu, Rengel menjadi salah satu kecamatan yang berpotensi, dan sedang mengalami pengembangan.

Sementara itu, terkait rencana pembangunan terminal di Rengel, perwakilan Bappeda Tuban, Alex, menungkapkan, bahwa Dishub perlu melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan seperti Dinas PUPR, PRKP, Pemerintah Kecamatan dan Desa, serta Kepolisian. Pembangunan terminal harus dibarengi dengan peningkatan kualitas sistem transportasi.

”Juga perlu adanya kajian lebih lanjut agar pembangunan terminal tidak menyalahi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Tuban yang sudah ditetapkan,” tandasnya.

Sedangkan perwakilan PT Geanara Pratama Konsultan, Edi, menjelaskan, nantinya pembangunan terminal tipe C ini berada di pusat keramaian, seperti pasar Rengel. Di samping itu, berada di lokasi yang memungkinkan perpindahan moda transportasi.

“Juga akan dibangun shelter, papan informasi, serta sarana penunjang lainnya,” jelasnya.

Hasil dari diskusi ini, terang Edi, akan menjadi bahan untuk dilakukan kajian lebih lanjut. Kedepan, pembangunan terminal akan memperhatikan lokasi dan aspek lain. Dengan harapan, terminal tipe C ini dapat bermanfaat dengan optimal dan memberi manfaat kepada masyarakat sesuai yang ditargetkan. (rto)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban