Dispertan Akhirnya Salurkan Bantuan Alat Pertanian

image
Perwakilan kelompok tani yang mengambil bantuan hand traktor

kotatuban.com – Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Tuban akhirnya menyalurkan bantuan alat pertanian ke kelompok tani. Bantuan alat pertanian berupa hand traktor (traktor tangan) sebanya 153 unit itu lama ngendon di halaman Dispertan.

“Bantuan alat pertanian berupa hand traktor sudah kami salurkan, selain itu  kami salurkan batan pompa air sejumlah 15 unit kepada para petani,” ujar Plt Kepala Dispertan Tuban, Mustarikah, Senin (09/07).

Menurut Mustarikah, bantuan alat pertanian yang bersumber dari Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut dimaksudkan agar petani lebih produktif dalam pengelolaan lahan pertanian, dengan begitu akan mendorong produktifitas hasil pertanian yang lebih baik.

“Bantuan alat pertanian dari pemerintah ini unuk meningkaka ketahanan pangan, baik padi maupun jagung,” tambahnya.

Lebih lanjut menurut Mustarikah segala bentuk bantuan yang telah disalurkan kepada kelompok tani tidak dikenakan biaya apapun. Jika ada pihak yang berani melakukan pungutan, maka pihaknya tidak akan segan memberikan sangsi atau teguran bagi oknum nakal tersebut.

“Tidak ada tarikan biaya dalam program bantuan itu, karena program itu bantuan hibah dari pusat,” tegas wanita yang juga menjabat Kepala Bappeda Tuban itu.

Adapun, kelompok tani yang berhak meneriman bantuan harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya, kelompok tani sudah berjalan minimal dua tahun, belum pernah menerima bantuan serupa, dan memiliki kepengurusan yang jelas.

“Sebelum mendapat bantuan, kita juga melakukan verifikasi terkait keberadaan kelompok tani, jelas atau tidaknya,” pungkas Mustarikah. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban