Diterjang Angin Puluhan Hektar Padi Roboh

image
Tanaman padi roboh dan terendam air

kotatuban.com – Puluhan hektar tanaman padi di Kecamatan Merakurak terancam busuk. Pasalnya, padi-padi tersebut roboh dan terendam banjir setelah diterjang angin dalam beberapa hari ini.

”Banyak ada beberapa puluh hektar padi yang roboh terendam air gara-gara diterjang angin. Seperti di desa Bogorejo, Sumberjo, Sendanghaji, Mandirejo, Senori, Tuwirikulon, dan beberapa desa lain di Kecamatan Merakurak yang padinya roboh gara-gara diterjang angin,” terang, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Merakurak, Setyo Budi, Rabu (02/03).

Solusinya, lanjut Budi, jika padi yang roboh tersebut sudah tua dan siap panen, untuk segera dipanen. Dan jika padi tersebut masih muda dan belum siap panen harus disatukan dan ditali antara yang satu dengan yang lainnya. 

”Ya padi yang roboh itu harus diikat dengan yang lain agar bisa berdiri lagi dan tidak busuk karena terendam air,” ungkapnya.

Sementara itu, Kurnadi (46) salah satu petani asal Desa Sumberjo mengatakan, bahwa padi yang sudah roboh kualitasnya akan buruk dan butir-butir padinya akan banyak yang busuk. Sehingga, petani yang padinya roboh dapat dipastikan akan merugi.

”Walaupun pada yang habis roboh itu diberdirikan kembali kualitasnya tidak akan bisa bagus lagi, karena sudah pernah terendam air. Sehingga, harga jual gabahnya sendiri akan rendak,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban