Diterjang Puting Beliung 84 Rumah Rusak

Warga Desa Penidon yang rumahnya tertimpa pohon
Warga Desa Penidon yang rumahnya tertimpa pohon

kotatuban.com – Angin puting beliung menerjang tiga desa di Kecamatan Widang dan Plumpang, Kabupaten Tuban. Dalam bencana itu, sedikitnya, empat rumah warga rusak berat tertimpa pohon tumbang berukuran besar. Selain itu, sejumlah fasilitas umum dan 80 puluh rumah lainnya mengalami kerusakan ringan, Jumat (26/02).

Angin juga menumbangkan puluhan pohon di sepanjang jalan desa. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, warga saat ini, Jumat (26/ 02) masih sibuk menertibkan pohon dan rumah yang mengalami kerusakan. Angin puting beliung datang dari arah utara bersamaan dengan hujan, Rabu (25/ 02/) petang kemarin.

Tiga desa tersebut, adalah Desa Compreng dan Mrutuk di Kecamatan Widang, serta Desa Penidon, Kecamatan Plumpang. Angin yang datang mendadak, sempat membuat warga panik. Mereka berhamburan keluar rumah karena khawatir tertimpa atap rumah dan pohon besar yang bertumbangan.

Empat rumah yang mengalami kerusakan parah semuanya berada di Desa Penidon. Rinciannya, tiga rumah di dekat pemakaman umum, masing-masing milik Agus, Sukiman, dan Saipul. Bagian belakang rumah mereka ambruk tertimpa pohon asam berdiameter lingkar sekitar 1 hingga 1,5 meter. Satu rumah lainnya adalah milik Suwarni, rusak berat tertimpa pohon cemara yang ada di belakang rumahnya. Beruntung, seluruh penghuni rumah selamat. Saat kejadian mereka sudah berada di luar rumah untuk menyelamatkan diri.

“Kejadiannya waktu itu cuma gerimis, keadaannya begitu cepat jadi tak begitu tahu, pohon-pohon pada tumbang semua, menimpa rumah warga, yang tumbang ada 4 sampai 3 pohon, ada 3 rumah yang rusak termasuk milik saya ini, harapannya pemerintah mau membantu kerusakan rumah, selain rumah saya, juga rumahnya Pak Sukiman sama Pak Saipul, dan Ibu Suwarni,” tutur Agus (29), sambil berupaya memindahkan batang pohon yang menimpa rumahnya. (yit)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban