DPRD Minta Skil Bidan Desa Ditingkatkan

image
Anggota Konisi C DPRD Tuban, Tri Astuti

kotatuban.com-Wacana pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT) bidan desa menjad Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang akan bertugas sebagai bidan desa disambut baik Komisi C, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupate Tuban. Namun begitu,  kualitas tenaga bidan perlu ditingkatkan agar kinerjanya tidak mengecewakan.

Pengangkatan PTT bidan menjadi PNS bidan desa bukan perkara yang mudah dilakukan. Tenaga medis yang bertanggungjawab sebagai pelayan kesehatan masyarakat di desa itu juga wajib memiliki skil kesehatan yang mumpuni.

“Mereka sebelum diangkat sebagai PNS, harus meningkatkan kemampuan diri. Bidan sebagai pelayan kesehatan harus memberikan pelayanan sebaik mungkin, jangan sampai ada warga yang kemudian mengeluh karena ditolak berobat, dengan berbagai alasan,” tegas anggota Komisi C, DPRD Tuban, Tri Astuti, Sabtu (24/10).

Soal pengangkatan PNS tersebut kata Astuti, aka ada beberapa opsi sebelum PTT menjadi PNS bidan desa, diantaranya terkait kemampuan anggaran pemerintah, kemudian yang akan diangkat menjadi PNS adalah mereka yang telah memiliki masa pengabdian 20 sampai 30 tahun.

“Ada beberapa opsi sebenarnya, termasuk masa pengabdian itu yang masih dibahas, selain anggaran pemerintah,” imbuh Astusi.

Diakui Astuti, Kabupaten Tuban sampai saat ini masih kekurangan tenaga kesehatan dengan jumlah cukup banyak, selain tenaga medis sarana penunjang kesehatan juga masih dirasa kurang.

“Tuban ada sekitar 71 PTT bidan, harapan kami ini terakomodir semua, sebab Tuban masih banyak kekurangan tenaga medis, selain itu perlu juga peningkatan sarana dan peningkatan kualitas tenaga medisnya,” kata Politisi perempuan Tuban itu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Tuban, Saiful Hadi mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan adanya penambahan tenaga kesehatan, terutama di desa. Hal itu juga sekaligus untuk mendukung program pemerintah dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir.

“Kami berharap adanya tambahan tenaga medis, bisa jadi lewat wacana pengangkatan PTT menjadi PNS ini,” katanya. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban