Dua Jamaah Haji Tuban Meninggal di Mekah

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, Kementrian Agama Kabupaten Tuban, Abdul Gofar
Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, Kementrian Agama Kabupaten Tuban, Abdul Gofar

kotatuban.com-Dua Jamaah Haji asal Kabupaten Tuban, kelompok terbang (Kloter) 35 dan 36 dilaporkan meninggal dunia minggu ini. Kedua jamaah haji tersebut meninggal setelah selesai melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci.

“Ada dua jamaah haji asal Tuban yang meninggal dunia, kepastian ini kami dapatkan dari pimpinan rombngan jamaah asal Tuban yang mendampingi mereka,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, Kementrian Agama Kabupaten Tuban, Abdul Gofar, Rabu (07/10).

Gofar mengatakan, kedua jamaah haji yang meninggal dunia di tanah suci masing-maasing bernama Nasir bin Warnado (83) warga Kecamatan Tambakboyo, dan satu jamaah lain bernama Supri bin Sakur (74), warga Kecamatan Palang. Kedua jamaah haji tersebut dipastikan meninggal pada minggu ini setelah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji.

“Keduanya meninggal di Makah, saat akan kembali ke Madinah satu diantaranya baru tanggal tiga kemaren, namun begitu keduanya meninggal setelah menyelesakan seluruh rangkaian ibadah haji,” kata Gofar.

Gofar menjelaskan, jamaah asal Tambakboyo, Nasir dilaporkan minggal karena faktor usia yang sudah cukup tua, selain itu juga kondisi fisik yang sudah melemah. Sementara satu jamaah lainya yakni Supri, sebelum meninggal sempat mendapatkan perawatan medis karena sesak nafas.

“Yang Nasir, lebih disebabkan faktor usia yang memang sudah tua, 83 tahun, sehingga fisiknya sudah sangat lemah, sementara Supri meninggal karena sesak nafas,” jelas Gofar.

Adapun kedua jamaah Haji yang meninggal langsung dimakamkan di tanah suci, sementara keluarga jamaah langsung dikonfirmasi oleh Kemenrian Agama. “Setelah kami mendapatkan laporan lasngsung kami konfirmasikan kepada keluarga masing-masing, untu barang milik jamaah nanti akan dibawa oleh pimpinan rombongan,” papar Gofar.

Untuk diketahui, jamaah haji asal Kabupaten Tuban seluruhnya berjumlah 633 jamaah, seluruhnya diberangkatkan dengan dua kelompok terbang yakni kelompok 35 dan 36.

Jamaah haji asal Tuban bakal pulang Rabu (14/10) mendatang. Untuk jamaah kolter 35 sampai di Juanda, Surabaya diperkirakan pada 02.00 dinihari, diperkirakan sampai Tuban pada pukul 07.00. Sementara kloter 36 sampai di Juanda pada pukul 04.00 dan sampai Tubvan pada pukul 09.00. Semua jamaah haji akan diturunkan di pos penjembputan Lapangan Kompi Senapan C 521 Tuban. (kim)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban