Dukcapil Tuban Siap Tangani KTP Anak  

image
Warga saat ambil KTP

kotatuban.com-Mulai tahun 2016 ini  pemerintahaan memberlakukan kartu tanda penduduk (KTP) untuk seluruh warga yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK), termasuk bayi baru lahir.

“KTP ini anti akan berlaku untuk semua penduduk, usia 0 tahun hingga 5 tahun, dan 7 tahun hingga 17 tahun, kemudian KTP 17 ke atas atau seumur hidup,” ujar Kepala Dinas Kepandudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Tuban, Joni Martoyo, Senin (15/02).

Menurut Joni, program KTP untuk anak yang baru ini didanai oleh APBN sehingga pembuatannya gratis dan akan mulai diberlaukan tahun ini meski belum menyeluruh se Indonesia. Sementara ini, sebagai percontohan pemerintah baru menerapkan KPT untuk anak di limapuluh kabupaten atau kota di seluruh Indonesia.

“Saat ini baru limapuluh kabupaten dan kota yang sudah menerapkan KPT anak ini,” terang Joni.    

Lebih lanjut kata Joni, unuk Kabupaten Tuban sendiri pihaknya belum tahu kapan akan diterapkan. Sementara ini Dukcapil Tuban  masih menunggu intruksi pusat sampai penerapan KPT anak di kabupaten ini.

“Kita belum mendapatkan arahan, namun, jika sewaktu-waktu KPT anak juga diterapkan di Tuban kami siap melaksanakan,” papar Joni.

Sementara ini, yang sudah dilakukan Dukcapil Tuban adalah melakukan perekaman di sekolah untuk menjaring wajib KTP atau yang sudah berusia 17 tahun,  namun, belum memiliki KTP.

“Program yang kita laksanakan saat ini adalah menjaring wajib KTP yang masih pelajar ke sekolah-sekolah. Nanti jika KPT anak ini diterapkan di Tuban pasti akan kami sosialsasikan,” pungkas Joni.(kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban