Begitu BBM Naik, Sembako Pun Ikutan Naik

Pedagang di pasar Baru Tuban
Pedagang di pasar Baru Tuban

kotatuban.com -Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang baru diumumkan Presiden Jokowi tadi malam, langsung disambut juga dengan naiknya beberapa komoditi pangan di beberapa pasar di Kabupaten Tuban. Namun, beberapa komoditi lainnya tampaknya belum terimbas dengan naiknya harga BBM tadi malam.

Pantauan kotatuban.com di lapangan, lonjakan harga paling menonjol terjadi pada komuditas cabai yang memang sudah mulai naik sejak beberapa hari sebelum pengumuman kenaikan harga BBM bersupsidi. Diketahui harga cabai sudah menembus angka Rp. 55.000 per kg, dari harga beberapa hari lalu Rp.49.000 per kg. “Harga cabai kriting sekarang 55, kemaren saja masih 52 rubu, ” terang Nunung, salah seorang penjual bumbu dapur dan sayuran.

Selain cabai kriting, harga jenis cabai lain seperti cabai rawit dan cabai hijau (biasa), juga mengalami lonjakan harga, untuk cabai rawit dari harga Rp.39.000 per kg menjadi Rp. 41.000 per kg. Sementara untuk cabai hijau masih stabil di harga Rp.35.000 per kg.

Dikatakan Nunung, meski kebanyakan pedagang sudah mulai menaikan harga dagangannya, beberapa pedagang masih menggunakan harga lama dengan alasan tidak mau membebani pembeli atau langganan mereka karena barang yang djual juga merupakan stok lama. “Sekarang ada yang sudah menaikan harga, tetapi juga masih ada yang memakai harga lama,” kata Nunung.

Tidak hanya cabai, harga sayuran yang selama ini tidak mengalami kenaikan harga juga sudah mulai merangkak naik, diantaranya sawi, kubis dan aneka sayur hijau lainya dari harga dikisaran  Rp1.500 hingga Rp2.000 menjadi Rp2.500 hingga Rp3.000. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.