Cuaca Buruk Harga Ikan Asin Naik

kotatuban.com – Cuaca buruk yang terjadi di wilayah Tuban beberapa pekan terakhir membuat harga ikan asin disejumlah pasar tradisional meroket. Pasalnya, para pembuat ikan asin tidak mendapatkan pasokan ikan dari nelayan. Sehingga, berimbas pada harga ikan asin, karena minimnya stok ikan asin ditingkatan pedagang.

Kasanah (36), salah satu pedagang ikan asin di pasar Desa Karangagung, Kecamatan Palang saat ditemui kotatuban.com, Minggu (2/2) mengungkapkan, harga ikan asin mengalami kenaikan hingga Rp 20 ribu per kilogramnya. Sebelumnya, harga ikan asin kisaran Rp 30 ribu per kg. Namun, semenjak cuaca buruk melanda perairan laut utara harga ikan asin menjadi Rp 50 ribu per kg.

Pedagang maupun pembeli sama-sama mengeluh mahalnya ikan asin
Pedagang maupun pembeli sama-sama mengeluh mahalnya ikan asin

‘’Ya, kalau musim begini tidak ada nelayan yang melaut, sehingga harga ikan asin menjadi mahal,’’ ungkapnya.

Lebih lanjut Kasanah mengatakan, dengan mahalnya harga ikan asin ini membuat sepi pembeli. Sehingga, pedagang mengalami penurunan omzet yang cukup signifikan. Penurunan pendapatan yang dialami pedagang ikan asin ini hingga 70 persen.

‘’Jika sebelumnya saya dalam sehari bisa menghabiskan ikan asin sebanyak 40 kg. Saat ini paling mentok hanya sekitar 8-10 kg saja,’’ tandasnya.

Mahalnya harga ikan asin ini tidak hanya dikeluhkan oleh pedagang saja. Namun, para pembeli ini pun mengeluhkan dengan mahalnya harga ikan asin yang ada dipasaran. Pasalnya, harga ikan segar juga mahal dan langka.

‘’Ikan segar sulit didapat, ikan asin juga mahal mas, ya pakai lauk tahu sama tempe saja,’’ ujar Karsani, salah satu pembeli di pasar Karangagung.

Menurutnya, dengan mahalnya harga ikan ini membuat resah para ibu-ibu rumah tangga. Saat ini tidak hanya harga ikan saja yang mengalami kenaikan harga. Namun, harga kebutuhan pokok lainnya juga bayak yang mengalimi kenaikan harga.

‘’Jika semua mahal seperti ini, ya otomatis kebutuhan dapur akan meningkat,’’ pungkasnya. (duc)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.