Gunung Kelud Meletus Harga Sayuran Naik

kotatuban.com-Harga sayuran di sejumlah pasar tradisonal di Tuban melonjak tajam. Diduga hal itu dipicu sejumlah daerah peamasok sayuran di Tuban, yakni, Malang dan Kediri terkena dampak terparah erupsi Gunung Kelud tersebut.

Sayuran di Tuban harganya melonjak
Sayuran di Tuban harganya melonjak

Seperti di Pasar Baru Tuban, harga aneka sayuran segar mengalami kenaikan antara Rp500 hingga Rp1.000 perkilo gramnya. “ Kalau naik sejak Sabtu lalu. Malang dan Kediri terkena letusan Kelud, sehingga, pengiriman sayuran dari dua daerah itu mengalami penguran. Bahkan, sempat terhenti,” ujar Uki (39) pedaang  sayur di Pasar Baru Tuban .

Saat ini harga wortel mencapai Rp11.000 hingga Rp12.000 dari harga sebelumnya Rp10.000 perkilogram. Harga kubis naik menjadi Rp5.000, dari harga sebelumnya Rp3.500 perkilo. Daun Selada naik menjadi Rp10.000 perkilogram dari harga sebelumnya antara Rp8.000 hingga Rp9.000. Sedangkan harga sayur lain seperti, buah pare, daun seledri, dan kentang harganya masih tetap, masing masing, Rp7.000, Rp10.000 dan Rp11.000

“Kalau penyebabnya bisa dipastikan, daerah penghasil sayur, di Malang terkena debu dari Kelud, selain itu jalur pengiriman yang sempat ditutup kemarin itu menyebabkan pasokan terhambat,”  kata Uki.

Uki mengaku, kenaikan harga sayuran ini diprediksi akan terus terjadi, sebab banyak lahan pertanian yang rusak dan gagal panen membuat pasokan komuditi  sayuran akan mengalami penurunan cukup seknifikan.

“Kalau sekarang ini masih belum terlalu naiknya,  mungkin, sebulan ke depan bakal naik lagi, karena banyak petani sayur yang tidak bisa panen, “ terangnya. (kim)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.