Harga Beras Mulai Merangkak Naik

Pedagang beras omsetnya mulai menurun
Pedagang beras omsetnya mulai menurun

kotatuban.com– Harga beras di pasaran mulai merangkak naik. Semua tipe dan jnis beras dari kualitas rendah hingga kualitas super naik Rp500 hingga Rp700 per kilogramnya. Kenaikan harga beras ini dipicu  masa tanam dan curah hujan tinggi. Kondisi ini, membuat sejumlah pedagang beras resah, karena omset penjualan mereka menurun.

Salah satu distributor beras, Emy (50) warga Kelurahan Ronggomulyo, Kecamatan Tuban mengatakan, sudah seminggu terahir kiriman beras dari daerah langgananya, seperti Leran, Kecamatan Palang, Montong, Widang dan Plumpang mulai berkurang. Bahkan dari Kecamatan Rengel, petani yang biasa mengirimkan beras tidak kirim sama sekali.

“Stok memang agak berkurang, makanya naik. Penyebabnya hujan dan musim tanam ini mas. Selain sedang masuk masa tanam, kalau musim hujan padi juga tidak bisa di proses menjadi beras, karena tidak ada panas,” kata Emi.

Saat ini, harga beras kualitas biasa, seharga Rp7.300, per kilogram, padahal sebelumnya kurang dari itu. Harga beras kualitas medium (sedang) dari Rp8.000 per kilo menjadi Rp8.500, per kilo. Beras kualitas baik dari harga Rp8.500 per kilo saat ini naik menjadi Rp9.000 perkilogramnya. Sementara untuk beras kualitas super harganya mencapai Rp9.100 hingga Rp9.250 per kilogramnya.

“Ini harga grosir mas, kalau di tingkat pengecer bisa lebih mahal lagi, biasnya selisih antara Rp400 sampai Rp500 per kilonya.,” jelas Emy.

Menurut Emi, naiknya harga beras tidak saja membuat resah ibu rumah tangga, namun juga tingkat pedagang. Sebab jika harga beras naik, otomatis omset mereka menjadi turun. Jika saat harga stabil dalam sehari mampu menjual hingga 6 kwintal, sejak harga naik, paling banyak pedagang mampu menjual  3 sampai 4 kwintal saja setiap hari.

“Omset agak menurun, soalnya pasar juga sepi. Tidak seperti biasanya kalau stabil gitu tambah naik omsetnya,” sambung Emy. (kim)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.