Harga Cabai Hijau Merosot Tajam

kotatuban.com- Musim panen raya harga cabai hijau langsung trun drastis. Sebab, stok melimpah. Harga cabai hijau dipasaran turun hingga level Rp8.000 per kilogram. Padahal harga cabai jenis ini sebelumnya pada level harga Rp10.000 hingga Rp 13.000 per kilogram.

Pantauan di pasar tradisonal Jalan Gajahmada Tuban, harga cabai hijau sudah sepekan ini mengalami penurunan cukup drastis, penyebabnya tidak lain adalah melimpahnya pasokan akibat musim panen cabai lokal Tuban yang sebagian besar masuk pasar.

“Ini cabai dari wilayah Grabagan mulai banyak pasokanya sekarang ini,” ujar Tomo Pedagang cabai di Pasar Baru Tuban, Senin (02/04).

Menurut Tomo, meski sudah sangat rendah, harga cabai hijau ini masih bisa turun lagi di kisaran Rp7.000kg, bahkan sampai terendah Rp6.000 per kilogramnya. Sebab saat ini masih awal musim panen, belum pada puncaknya yang akan menambah banyak stok cabai hijau di pasaran.

“Masih bisa turun lagi, ini baru awal musim panen, puncaknya ya bulan empat sampai lima,” terang pedagang cabai itu.

Hal senada juga disampaikan pedagang cabai lain di Pasar Baru, Rumiatun, Menurut dia harga cabai cenderung turun, tidak hanya cabai hijau, cabai rawit atau cabai merah juga mengalami penurunan harga.

“Cenderung turun, panen mulaibanyak,” kata Rumi.

Untuk diketahui, data yang dihimpun, harga cabai Rawit merah saat ini berkisar antara Rp25.000/kg hingga Rp16.000 per kilogram. Harga tersebut sudah turun dibanding dengan harga sekitar dua pekan lalu yang masih berada di level harga Rp30.000 per kilonya, sementara harga cabai kriting Rp32.000 per kilogram. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban