Harga Emas Turun, Nasabah Pegadaian Agunkan Barang Non Logam

Agunan emas Pegadaian turun
Agunan emas Pegadaian turun

kotatuban.com-Harga emas yang sempat turun sejak dua minggu lalu membuat nasabah di Pegadaian Tuban yang menggunakan agunan investasi logam mulia mengalami penurunan. Jika sebelumnya banyak nasabah yang menggunakan emas sebagai agunan untuk meminjam di Pegadaian, saat ini kecenderungam lebih kepada benda berharga lainya seperti peralatan elektronik dan kendaraan bermotor sebagai agunan.

“Secara pasti data rilnya kami belum tahu, tapi kecenderungal agunan emas berkurang, mungkin harga emas yang sempat turun,” ujar Kepala Kantor Cabang Pegadaian Tuban, Alfin Noor, Rabu (28/5).

Dikatakan, turunnya harga emas aneka tambang (antam) sebenarnya tidak banyak berpengaruh terhadap nasabah yang berinvestasi emas.  Sebab, informasi pergeseran harga emas selalu diupdate kepada seluruh anggota investasi emas di Pegadaian. Sebelumnya harga emas sempat berads di level Rp529.000/gram, dan saat ini sudah kembali naik di level Rp532.000/gram.

“Memang beberapa minggu terakhir ini harga emas turun, akan tetapi nasabah sudah memahami, karena kami sudah memberikan konfirmasi update harga sebelumnya,” kata Alfin.

Menurut Alfin saat harga emas turun, kucuran pinjaman di Pegadaian juga ikut menurun. Hal ini disebankan nilai agunan yang turun otomatis akan berpengaruh terhadap nilai barang yang diagunkan. Ketika melihat keadaan ini nasabah enggan menggadaikan emas dan lebih memilih menggadaikan barang lainnya.

“Yang investasi emas tetap stabil, akan tetapi yang menggadaikan perhiasan emas memang agak berkurang,” terang Alfin.

Data pegadaian Tuban menyebutkan 80 % agunan masih berupa emas. Sedangkan 20% sisanya berupa barang elektronik dan barang lainnya. “Sekalipun begitu agunan emas tetap lebih tinggi,” imbu Alfin. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.