Holcim Berikan Bantuan Apartemen Ikan 

kotatuban.com – Kabupaten Tuban memiliki kawasan perairan laut yang luas di pesisir pantai utara dan kaya akan keanekaragaman laut. Memaksimalkan potensi kelautan tersebut, PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Tuban mengembangkan program pemberdayaan Nelayan (Fisherman Empowerment Program) dan bermitra dengan masyarakat nelayan disekitar area pabriknya di Tuban. 

image
Penyerahan apartemen ikan Holcim

Salah satunya melalui Program Apartemen Ikan. Penyerahan bantuan apartemen ikan ini diselenggarakan, Jumat, (28/11), dan dihadiri oleh Bupati Tuban Fathul Huda serta General Manager PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Tuban, Sidik Darusulistyo.

Apartemen Ikan sendiri merupakan rumah ikan buatan untuk mengumpulkan ikan dengan memberikan tempat berlindung dan tempat memijah telur bagi ikan, yang ditempatkan pada titik tertentu. 

Diharapkan, dengan menggunakan apartemen ikan, nelayan menjadi lebih mudah  dalam menentukan titik-titik penangkapan dan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatan tangkapan ikan yang bernilai ekonomis tinggi. Selain itu, nelayan juga turut berkontribusi terhadap penyelamatan ekosistem laut karena apartemen ikan termasuk sistem penangkapan ikan yang ramah lingkungan.

Dalam Pembuatan Apartemen Ikan ini Holcim bekerjasama dengan Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada dan Balai Besar Pengembangan dan Penangkapan Ikan Semarang. Holcim bersama masyarakat nelayan Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo dan Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, merakit dan memasang 100 modul apartemen ikan di kawasan perairan laut di Desa mereka. 

Sejalan dengan visi menyediakan solusi berkelanjutan bagi masa depan masyarakat, melalui Program Pemberdayaan nelayan, Holcim berupaya memberikan nilai tambah bagi masyarakat yang berada di sekitar pabriknya.  

General Manager Holcim Indonesia Pabrik Tuban, Sidik Darusulistyo, mengungkapkan, melalui program pemberdayaan nelayan, salah satunya dengan pemberian bantuan apartemen ikan ini, Holcim ingin memberikan nilai tambah bagi para nelayan di sekitar area pabrik agar dapat menjadi lebih berdaya dan kreatif. 

”Kami juga ingin mengajak para nelayan berkontribusi menjaga ekosistem laut dengan cara penangkapan ikan yang ramah lingkungan. Sehingga potensi dan sumber daya alam dapat dijaga keberlanjutannya untuk bekal masa depan dan hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaganya,” pungkas dia. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.