Jelang Idul Adha Harga Sapi Kurban Mulai Naik

Sapi kurban mulai ramai
Sapi kurban mulai ramai

kotatuban.com-menjelang moment besar peringatan hari raya Idul Adha, harga sapi untuk keperluan kurban terus meroket. Bahkan sejak seminggu terahir kenaikan harga hewan berkaki empat tersebut naik Rp 2,5 juta per ekor.

Yanto (34) seorang pdagang sapi di Pasar Hewan Kabupaten Tuban mengatakan, harga sapi terutama untuk sapi kurban naik hingga Rp2,5 juta. Bahkan jika dibandingkan dengan harga tahun lalu kenaikan sampai Rp4 juta lebih.

Saat ini harga sapi kurban sudah dewasa yang sebelumnya hanya Rp14 juta kini mencaai Rp16,5 juta hingga Rp17 juta/ekor. Sedangkan tahun lalu harga sapi kurban dengan ukuran sama berkisar antara Rp9 juta hingga Rp10 jutaan saja. Untuk sapi dengan berat di atas tujuh kwintal harganya bisa lebih mahal lagi.

“Harga sapi dewasa untuk kurban naik mas, jika sebeumnya Rp14 jutaan, sekarang bisa sampai Rp16 juta atau Rp17 jutaan. Kalau yang jenis sapi tipe A (ukuran besar) harganya bisa sampai Rp20 juta, tapi jarang kalau di sini,” kata Yanto.

Sementara itu, kepala UPTD Pasar Hewan Tuban, Heri Wibowo, saat dikonfirmasi mengungkapkan, kenaikan harga sapi diprediksi masih akan terus terjadi terutama seminggu mendekati hari raya Idul Adha.

“Kalau prediksi kami, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, puncak kenaikan harga akan terjadi pada H-7 hari raya kurban mas,” kata Heri.

Dia menjelaskan, perputaran jual beli sapi di Pasar Hewan Tuban, setiap minggunya diperkirakan mencapai 1.400 ekor sapi. Sapi-sapi tersebt berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tuban bahkan sebagian berasal dari Bojonegoro dan Lamongan.

“Sejak bulan-bulan ini, setiap minggu ada kurag lebih 1.400 ekor sapi yang masuk di pasar. Selain pedagang, ada juga warga yang sengaja menjual sapi peliharaanya memanfaatkan Idul Adha ini, untuk mendapatkan harga mahal,” imbuh Heri. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.