Jelang Ramadan Harga Ayam Naik

Harga ayam terus meningkat
Harga ayam terus meningkat

kotatuban.com-Tingginya permintaan menjelang bunal auci Ramadan mulai dirasakan pedagang di pasar tradisional Jalan Gajahmada Tuban. Tradisi menyambut  Ramadan juga di tengarai sebagai penyebab tingginya permintaan sejumlah komiditi, terutama ayam. Akibatnya, harga kebutuhan sehari-hari terus merangkak naik.

“Permintaan memang tinggi, sebab banyak warga yang sukuran menyambut bulan Ramadan,” ujar sulastri (45) pedagang ayam di pasar tradisional Tuban.

Saat ini, harga daging ayam berbagai jenis meningkat   Rp1000 hingga Rp4000 per kilogram (Kg). Seperti daging ayam kampung yang mengalami kenaikan Rp2.000 dari harga  sebelumnya Rp45.000 menjadi Rp47.000, daging ayam potong naik dari Rp26.000 per Kg menjadi Rp27.000 per Kg. Seedangkan ayam negeri (ayam oren) harganya naik dari Rp26.000 menjadi Rp30.000 per Kg.

“Kalau ayam itu harganya jarang stabil mas, sekarang naik besok bisa turun, tapi ya tidak banyak paling seribu rupiah sampai lima ribu rupiah,” kata pedagang ayam lain, Marfuah.

Menurut Marfuah, kenaikan harga ayam tidak hanya disebabkan tingginya permintaan komuditi itu, akan tetapi, pemasok ayam (agen ayam) dan musim tertetu bisa mempengaruhi kenaikan harga ayam. Seperti saat ini musim tasyakuran menyambut  Ramadan harga ayam pasti naik.

“Kalau mau puasa ini, biar tidak banyak permintaan, agen juga menaikan harga ayam sehingga harga jualnya juga naik, “ terang Marfuah.

Jika harga ayam mengalami kenaikan, harga daging sapi masih belum mengalami perubahan dan tetap stabil hingga hari ini, yakni masih berkisar antara Rp80.000 hingga Rp90.000 per Kg.

“Kalau daging sapi itu setahun paing naik sekali mas, dari duluh ya tetap Rp90 ribu untuk yang murni, dan Rp80 ribu untuk yang campur,” kata Tamsiah (40) pedagang daging sapi.

Sementara itu, pantauan kotatuban.com di pasar tradisional Kabupaten Tuban,  untuk bahan kebutuhan lain seperti bumbu dapur masih terpantau stabil. Harga cabai rawit, cabai biasa dan cabe kriting,  berturut-turut Rp8.000, Rp12.000 dan Rp8.000/kg. Sedangkan, harga bawang merah dan putih masing masing Rp20.000 untuk bawang merah dan Rp12.000 untuk bawang putih setiap kg. (kim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.