JOB PPEJ Siap Pasok Gas ke PGN

kotatuban.com– Operator sumur Sumber I di Desa Sambonggede, Kecmaatan Merakurak, Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) masih melakukan kajian terkait rencana pemasaran gas dari kandungan sumur Sumber I tersebut.

Sumur Sumber I di Merakurak
Sumur Sumber I di Merakurak

“Kalau untuk rencana pemasaran hasil dari sumur Sumber masih kita lakukan kajian,” jelas Field Admint Superintendant JOB PPEJ, Hananto Aji,  ketika ditanya tentang rencana pemasaran gas dari Sumur Sumber, Rabu (19/3).

Namun,  pemasaran juga bisa dilakukan sesuai dengan saran dan usulan Pemkab Tuban. Supaya gas dari sumur sumber dipergunakan untuk pengembangan Kawasan Industri Tuban (KIT) dengan melakukan kerja sama dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

Lebih lanjut Hananto mengatakan, perusahaan mesti menentukan dahulu pasar dari produksi gas. Pada fase ini, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan, diantaranya siapa yang akan menggunakan, serta berapa besar gas yang diperlukan harus disesuaikan dengan produksi gas dari sumur sumber.

“Contohnya kalau ada perusahaan yang hanya memerlukan gas dalam jangka waktu yang sebentar, itu kan tidak ada nilai ekonomis. Kita harus memikirkan itu terlebih dahulu,” kata Hananto menjelaskan.

Kendati demikian, pemasaran untuk sumur sumber baru bisa dilaksanakan. Apabila JOB PPEJ sudah melalui beberapa tahap untuk melakukan pengembangan sumur tersebut, diantaranya proses pengeboran deliniasi yang saat ini masih dikaji bersama dengan SKK Migas.

Diketahui, saat ini sumur sumber 1 dalam tahap persiapan pengeboran deliniasi, yang alkan dilakukan Operator minyak dan gas bumi (Migas) Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ).

Hingga saat ini, Pemkab Tuban belum mengetahui darimana asal gas yang akan di pasarkan PGN. Apakah melalui sistem jaringan dan sumber pipa yang sudah ada, ataukah mencari sumber daya yang ada di Kabupaten Tuban.

“Itu bisa saja, pasokan gas PGN diambilkan dari sumur Sumber,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana.

Budi Wiyana mengatakan, rencana PT PGN untuk memasarkan gas nya ke kawasan industri Tuban tampaknya masih panjang. Saat ini, perusahaan penyedia bahan bakar gas tersebut tampaknya masih menjaring pasar di beberapa industri di Tuban.

“Untuk pemasaran kan itu urusan antara PGN dengan masing-masing industri,” kata Budi.
 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.