Kemarau Harga Cabai dan Rempah Melonjak

Pedagang rempah di pasar Baru Tuban
Pedagang rempah di pasar Baru Tuban

kotatuban.com-Musim kemarau harga rempah dan cabai disejumlah pasar tradisional di Kabupaten Tuban melonjak. Lonjakan tertinggi terjadii pada komiditi cabai keriting dan jahe, yang mengalami kenaikan harga hingga 50 persen lebih.

Pantauan kotatuban.com di pasar Baru Tuban, saat ini harga cabai keriting mulai Rp22.000 hingga Rp27.000 per kilogram. Harga tersebut mengalami lonjakan dari harga semula Rp16.000 hingga Rp17.000 perkilogramnya.

“Naiknya banyak, sekarang yang agak kecil ini saja Rp20 ribu sampai Rp22 ribu, yang besaran seperti ini Rp27 ribu,” ujar Sutomo (48) pedagang cabai di pasar Baru Tuban sambil menunjukkan cabai daganganya.

Menurutnya, kenaikan harga cabai keriting disebabkan minimnya pasokan di musim kemarau. Sementara tidak banyak petani yang menanam cabai di musim kemarau ini.

” Stoknya dikit musim kemarau ini, saya saja yang biasanya nyetok sampai satu kwintal ini tidak sampai segitu,” terang Sutomo.

Kenaikkan tertinggi terjadi pada komuditi jahe, jenis rempah yang sering diseduh untuk minuman hangat itu, dihargai Rp25.000 perkilogram, dari harga sebelumnya hanya Rp10.000 perkilo. Penyebabnya juga masih sama, yakni musim kemarau yang mengakibatkan stok jahe berkurang.

“Kenaikanya diatas 50 persen mas, dari Rp10 ribu kok menjadai Rp25 ribu,”  kata pedagang jahe, Munir (29).

Sementara itu, untuk harga bumbu dapur lainnya seperti bawang putih dan bawang merah, sejauh ini masih terpantau stabil dengan harga masing-masing, bawang putih Rp10.000 per kilogram dan bawang merah 14.000 per kilogram. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.