Lagi, Pabrik Semen Berdiri di Tuban

kotatuban.com – Kabupaten Tuban menjadi incaran banyak industri, terutama industri semen. Setelah Semen Indonesia dan Semen Holcim, berdiri di Tuban, kini perusahaan semen yang bernama PT Unimine Indonesia (UI) berencana akan mendirikan perusahaan di Tuban.

Rencananya, perusahaan tersebut akan berdiri pada tanah seluas 729,2 hektar yang berada di Desa Merkawang, Kecamatan Tambakboyo, dan Desa Wolu Tengah, Kecamatan Kerek. Sedangkan, kapasitas produksi perusahaan semen UI tersebut 500-600 ribu ton pertahun.

”Saat ini perusahaan semen itu perizinan lokasi sudah keluar. Namun, sebelum tahap operasional masih ada beberapa perizinan yang harus diperoleh perusahaan tersebut, antara lain rekomendasi Amdal, izin lingkungan, izin HO, izin mendirikan bangunan, dan izin usaha pertambangan,” jelas Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husain saat dikonfirmasi terkait akan berdirinya pabrik semen baru di Tuban, Kamis (03/07).

Menurutnya, Pemkab saat ini akan membikin pembanding antara perusahaan semen yang berskala besar dan yang berskala kecil. ”Untuk perusahaan semen yang berskala besar kan kontribusinya terhadap masyarakat dan pemerintah sudah kita lihat. Nah, dengan adanya perusahaan semen yang berskala kecil ini mari kita lihat bagaimana kontribusinya terhadap masyarakat sekitar dan terhadap pemerintah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wabub mengatakan, diharapkan perusahaan semen tersebut dapat membawa manfaat kepada warga sekitar. Seperti penerimaan tenaga kerja perusahaan semen tersebut bisa memprioritaskan tenaga kerja lokal. ”Saat perusahaan itu izin kepada kami, salah satu kesepakatannya adalah lebih mengutamakan warga lokal untuk menjadi pekerjanya,” pungkas dia.

Dengan adanya pabrik baru itu nantinya Tuban bakal emmiliki 7 pabrik semen, yakni, PT Semen Indonesia dengan 4 pabrik, PT Holcim 2 pabrik dan satu pabrik baru milik PT UI tersebut. (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.