Minggu Pagi Jl Sunan Kalijaga Jadi Pasar Rakyat

kotatuban.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berencana menjadikan Jl Sunan Kalijaga menjadi pasar rakyat minggu pagi (PRMP). Selain itu, jalan mulai perempatan Kembang Ijo hingga Patung itu juga menjadi bagian dari Car Free Day (hari bebas kendaraan).

Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata Tuban, Farid Ahmadi
Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata Tuban, Farid Ahmadi

Hal itu sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban, Farid Achmadi, kepada kotatuban.com, Selasa (25/2).

Farid menjelaskan, sat ini pihak Dinas Perekonomian tengah mempersiapkan pelaksanaan PRMP dengan berkordinasi bersama pihak terkait, yakni Dinas Perhubungan dan Lalulintas Porles Tuban.

“Kami sudah rapat dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk melaksanakan pasar rakyat minggu pagi sekalian car free day di jalur itu,” kata Farid.

Dinas Perekonomian menargetkan pelaksanaan PRMP paling lambat dimulai pada Maret mendatang, yang akan dilaksanakan setiap hari Minggu dari jam 05.00 hingga 10.00 bersamaan dengan pelaksanaan car free day.

Dalam pelaksanaan Dinas perekonomian akan menyediakan 40 tenda dagang. Diharapkan dengan adanya kegiatan itu mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Fasislitas tenda dagang akan diberikan kepada pedagang secara geratis tanpa dipungut biaya.

Car free day, lanjut Farid, selain dapat menjadi fasilitas olahraga, karena jalan bebas aktifitas kendaraan, kegiatan lain juga dapat dilaksanakan di jalur bebas setiap minggunya.

“Harapanya progrm ini mampu mengembangkan ekonomi masyarakat, dan kami harapkan tumbuh wira usaha baru bersama kegiatan ini. Selain pedagang, di lokasi juga akan dibuka bursa kendaraan bermotor bekas, ” sambung Farid.

Menurutnya, pelaksanaan pasar rakyat minggu pagi dan car free day mampu menyedot pengunjung yang memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi.

Ditambahkan Farid, mulai saat ini pedagang atau warga dapat mendaftarkan dagangan atau komunitasnya  di Dinas Perekonomian untuk mendapat fasilitas tenda dan tempat untuk pasar rakyat minggu pagi. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.