Ombak Laut Tenang, Nelayan Panen Ikan

Nelayan Tuban mulai panen
Nelayan Tuban mulai panen

kotatuban.com – Aktivitas perahu milik para nelayan yang berada dimilayah pantai Kecamatan Palang tidak seperti biasanya, Sabtu (19/04). Pasalnya, perahu para nelayan tersebut hanya melaut dipinggir-pinggir pantai saja, tidak sampai ditengah laut seperti biasanya.

Para nelayan tersebut memanfaatkan tenangnya air laut, untuk mencari beberapa jenis ikan yang habitatnya berada dipinggir pantai. Hal tersebut dilakukan nelayan karena dipinggiran laut banyak ikan-ikan yang disebabkan peralihan musim. Sedikitnya, 50 perahu milik nelayan terlihat menebar jala dari jarak sekitar 1,5 Mil. Pemandangan ini menjadikan perahu yang ada di perairan setempat seperti arak-arakan perahu nelayan.

Biasanya, nelayan jarang sekali menebar jala pada jara tersebut. Rata-rata mereka baru menebar jala apabila perahu sudah berada di atas jarak 10 mil. Bahkan perahu tersebut tidak terlihat dari pantai pada hari biasa.
”Iya air laut lagi tenang, jadi kalau nangkap ikan dan menebar jala tidak perlu ke tengah laut,” ujar Sadiyo (52), salah satu nelayan yang ditemui kotatuban.com dipantai kecamatan Palang.

Menurutnya, dipinggirian laut saat ini banyak ikan yang kecil-kecil, seperti ikan teri dan berbagai jenis ikan lainnya. Hal ini dianggap berkah tersendiri bagi para nelayan. ”Ya, ini rejeki tersediri bagi nelayan, tidak perlu jauh-jauh sampai ketengah laut untuk mencari ikan. Selain itu, hasil tangkapan juga lumayan banyak,” pungkasnya.(duc)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.