Packing Plant PT SG Banyuwangi Pasok Semen ke Pulau Dewata

kotatuban.com– Packing Plant PT Semen Gresik di  Kabupaten Banyuwangi memasok kebutuhan semen di wilayah Bali. Bahkan, hampir 90 persen paroduk packing di Banyuwangi ini untuk memenuhi kebutuhan semen di Pulau Dewata. Sementara di Banyuwangi hanya 10 persennya saja, karena ditopang pemasok semen packing dari Tuban. Setiap seminggu, setidaknya dua kapal tangker berisi 6 ribu ton semen curah dikirim ke tempat ini untuk dikemas kembali.

Manajer Operasional Packing Plant SG, Siswanto menjelaskan, tempat ini mulai dioperasionalkan sejak akhir tahun 2011 lalu, semen disalurkan ke Banyuwangi dan Bali.

“Kita salurkan 90 persen ke Bali dan hanya 10 persen kita salurkan ke Banyuwangi.  Pengemasan semen curah di tempat ini mencapai 15.000 ton semen per hari  ” kata Siswanto.

Keberadaan packing plant diklaim bisa menghemat ongkos distribusi ke wilayah Bali. Apabila dikemas di Tuban dan baru didistribusikan ke Bali, maka perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk transportasi darat, ditambah ongkos pengeluaran untuk penyeberangan lewat transportasi laut.

“Kita juga tidak bisa menyeberangkan semen dengan truk besar tapi harus menggunakan truk kecil, jadi memang kurang ekonomis kalau semen kemasan dari Tuban dibawa menyeberang ke Bali,” jelasnya.

Dengan mengirim semen curah ke Banyuwangi dan mengemasnya, maka pengiriman ke Bali bisa dilakukan dengan lebih cepat dan kapasitas lebih banyak. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban