Panen Membaik, Harga Kacang Menggembirakan

Petani tengah panen kacang tanah
Petani tengah panen kacang tanah

kotatuban.com-Jika para petani cabai mengeluhkan anjloknya harga cabai saat panen melimpah. Namun,  angin segar justru dirasakan petani kacang tanah di Kabupaten Tuban. Sebab, hasil panen dan kualitas tahun ini lebih baik dibanding musim panen sebelumnya. Selain itu harga kacang tahun ini juga lebih baik, karena kualitasnya membaik. Seperti yang dirasakan para petani di Dusun Widengan, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding Tuban. Salah satunya adalah Kasiani (65) petani warga setempat, yang tengah memanen tanaman kacang miliknya.

“Alhamdulillah mas, musim panen tahun ini kualitasnya bagus, sehingga, harganya juga bagus,” kata Kasiani sambil memisahkan butiran kacang dari pohonya.

Menurut Kasiani, hasil panen kali ini sedikit membaik dibanding tahun sebelumnya. Cuaca dan air hujan yang cukup membuat kacang tanah milik sebagian besar warga di kawasan tersebut  kualitas dan hasil cukup memuaskan. Untuk satu petak lahan berukuran kurang labih 500 meter persegi,  tahun ini mampu menghasilkan kacang kurang lebih 5 hingga 6 kwintal, sementara tahun sebelumnya paling banyak 5 kwintal saja.

“Hasilnya bagus mas, hujan cukup, hama juga tidak ada,” sambunh Kasiani.

Selain panenan yang cukup bagus musim ini, harga kacang juga cukup baik. Saat ini harga kacang basah dari ladang dihargai Rp5.000 per kilogram (Kg),  untuk kacang kering jemur Rp10.000 per Kg. Harga itu selisih Rp500 dibanding pada musim panen sebelumnya yang hanya Rp4.500 per Kg.

“Harganya bagus mas, sekarang Rp5.000 perkilo, tapi ini mau saya keringkan dulu biar harganya lebih bagus,” terang Yoyok petani lain yang juga sedang memanen kacang di ladangnya.

Para petani berharap, harga kacang tanah tetap stabil, agar para petani dapat merasakan hasil panen tahun ini. Sebab seperti pengalaman-pemgalaman sebelumnya harga kacang anjlok saat musim panen dan stok kacang melimpah. “Semoga tidak anjlok mas harganya, kalau bisa terus naik,” sambung Yoyok. (kim)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.