Pasokan Cabai Semakin Berkurang

Pedagang cabai di Pasar Baru Tuban
Pedagang cabai di Pasar Baru Tuban

kotatuban.com-Kurangnya pasokan komuditas cabai disejumah pasar tradisional di Kabupaten Tuban, membuat bumbu dapur berasa pedas mengalami lonjakan harga. Tingginya hargapun kemudian dikeluhkan oleh sebagian penjual cabai, lantaran daganganya minim pembeli.

Seperti diketahui, musim keparau panjang telah membuat sebagian lahan pertanian di Kabupaten Tuban, mengering tidak terkecuali lahan cabai yang juga menyusut seiring dengan sulitnya air untuk keperluan irigasi persawahan (lahan cabai).

Rumiatun, salah seorang penjual bumbu dapur di Pasar Baru Tuban, mengatakan, mahalnya harga cabai sejak memasuki bulan November membuat langgananya mengurangi jumlah konsumsi cabai. Jika biasanya langganan Rumiatun yang kebanyakan adalah pemilik warung membeli minimal satu kilogram cabai, saat ini menurun menjadi setengah kilogram. Bahkan, tak jarang hanya membeli seperempat kilogram saja.

“Paling gak enak ya penjual mas, kalau gak laku hari ini besok bobotnya sudah berkurang, kalau pembeli bisa saja mengurangi jumlahnya,” terang Rumiatun.

Saat ini, harga cabai kriting dipasaran dari Rp18.700 per kilogram (Kg) sepekan lalu kini menjadi  Rp26.300 per Kg,  cabai biasa (cabai hijau) dari Rp 17,000 per Kg menjadi Rp27.000 per Kg, sedangkan cabai rawit dari harga RP14.000 per Kg menjadi  Rp18.000 per Kg.

“Tanggal 31 kemaren masih belum segitu mas, naiknya itu tidak langsung,  tapi mulai seribu terus duaribu dan sekarang sampai segitu perkilo,” terang Rumiatun.

Sementara itu Aisyah, salah seorang pembeli mengungkapkan, tingginya harga cabai membuat dirinya harus mengurangi pembelian. Untunglah karena ada keperluan hajatan di rumahnya, Aisyah tidak terlalu banyak mengurangi jumlah pembelian dan tetap membeli meski dengan harga yang cukup mahal.

“Kalau butuh ya dibeli mas, tapi kalau bisa dikurangi ya tetep dikurangi,”  kata ibu yang saat itu belanja dengan anak perempuanya.

Jika harga Cabai mengalami lonjakan cukup seknifikan, tidak demikian komuditi bawang, baik merah mauapun putih, sejauh ini harganya masih stabil, masing-masing bawang merah Rp13.000 per Kg dan bawang putih Rp11.000 per Kg. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.