Pesisir Tuban Potensi untuk Budidaya Udang Vaname

udangkotatuban.com – Pesisir Tuban sangat cocok untuk budidaya udang vaname (Penaeus vannamei). Pasalnya, suhu, kondisi maupun kadar garam diwilayah pesisir Tuban sangat cocok untuk hidup udang tersebut.

Pemilik tambak udang vaname yang berada di Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Samsudi mengungkapkan, wilayah pesisir laut Tuban sangat cocok untuk budidaya udang vaname. Namun, untuk budidaya udang vaname masih harus memperhatikan makanan udang, vitamin, dan anti biotik. Selain itu, kualitas air, kebutuhan oksigen, dan kepadatan populasi udang juga harus diperhatikan.

”Jika tambak terlalu banyak populasi udangnya maka udangnya tidak bisa besar atau tumbuh maksimal,” ujarnya.

Menurutnya, luas tambaknya 4.500 meter persegi (M3) ditanami udang sebanyak 500.250 ekor udang. Jika dipanen akan menghasilkan udang 6-8 ton dengan jangka waktu 120 hari. ”Per kilo isinya antara 33-35 ekor udang,” tuturnya.

Sedangkan, udang vaname selain dipasarkan didalam negeri, juga dipasarkan hingga keluar negeri. Negara luar yang banyak mengimpor udang vaname dari Tuban antara lain Jepang, Korea, Singapura, dan berbagai negara lainnya. ”Ya, udang dari Tuban ini salah satu udang yang cukup digemari oleh orang luar negeri,” pungkasnya. (duc)

 

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.