PT Semen Gresik Luncurkan Program “Sobat”

kotatuban.com – Di tengah persaingan yang semakin sengit dan maraknya penetrasi produsen semen asing di Indonesia, Semen Gresik berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan, melalui strategi move closer to the customer. Saat ini, Semen Gresik telah memiliki infrastruktur distribusi seperti pabrik, packing plant, dan gudang penyangga untuk memastikan pemenuhan kebutuhan pelanggan di seluruh wilayah di Indonesia, khususnya dalam hal ketepatan waktu.
Selain penyiapan infrastruktur distribusi, Semen Gresik juga memperhatikan entitas pelaksana distribusi, salah satunya adalah pengendara. Bertempat di Tuban, Jumat (22/12), Semen Gresik meluncurkan program ‘Sobat’ atau kepanjangan dari Sopir Hebat yang ditujukan untuk pengendara ekspeditur Semen Gresik.
Dadan Duparman, selaku Kepala Departemen Penjualan Semen Gresik, menjelaskan bahwa Program Sobat merupakan program loyalitas berbasis digital dan marketing approach untuk para pengendara kendaraan ekspeditur.
“Selama periode yang ditentukan, setiap bulan mereka (para pengendara) akan memperoleh poin berdasarkan kinerja pengirimannya. Poin yang terkumpul akan dikompetisikan melalui mekanisme ranking dan undian. Para peserta berkesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah menarik dengan total hadiah mencapai 179 unit. Semakin tinggi kinerjanya, maka akan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan hadiah”, tuturnya.
Di samping itu, Dadan menambahkan bahwa program ini adalah salah satu bentuk apresiasi kepada pengendara ekspeditur. “Program ini juga sebagai wujud terima kasih sekaligus bentuk kepedulian sosial Semen Gresik atas kinerja para pengendara yang turut mendukung kinerja penjualan produk Semen Gresik. Sampai dengan November 2017, Semen Gresik memiliki lebih dari 22 ribu pelanggan toko dengan total realisasi penjualan sebesar 14,08 juta ton dengan penguasaan pangsa pasar di Indonesia sebesar 23,2%. Hal tersebut dapat terwujud juga berkat usaha para pengendara ekspeditur dalam memastikan pendistribusian semen sampai ke pelanggan dengan tepat waktu,” tambahnya.
Disediakan berbagai alternatif dalam mengakses program dan mengecek jumlah perolehan poin. Setiap pengendara dapat mengunduh aplikasi mobile di smartphone masing-masing, mengirim sms ke call center, menghubungi call center bebas pulsa, ataupun mengunjungi helpdesk di Cargo Tuban. Dengan berbagai alternatif tersebut, mereka dapat mengikuti program dengan mudah dan tidak dibatasi oleh perangkat yang dimiliki.
Melalui program ini, Dadan berharap akan mampu mengoptimalkan kinerja distribusi sehingga dapat meningkatkan tingkat kepuasan dan kualitas hubungan pelanggan yang pada akhirnya mampu mendongkrak volume penjualan ke depannya.
Pada kesempatan yang sama, Wahyu Purnomo selaku Kepala Departemen Distribusi dan Transportasi, akan terus berupaya untuk mencapai supply chain excellence   serta memastikan order dapat dikirim tepat waktu dan tepat jumlah kepada pelanggan. Untuk mendukung upaya tersebut program ini diluncurkan, sekaligus memastikan bahwa target penjualan sebesar 17,18 juta ton di tahun 2018 dapat seluruhnya didistribusikan ke pelanggan.
”Pada program ini akan diikuti oleh kurang lebih 4 ribu pengendara ekspeditur. Untuk memaksimalkan efektivitas dari program ini, maka diharapkan semua pengendara ekspeditur tersebut khususnya dari Kabupaten Tuban dan Rembang dapat seluruhnya berpartisipasi,” ujarnya.
Di sisi lain, Wahyu menambahkan bahwa program ini juga diharapkan mampu memberikan safety awareness kepada pengendara yang saat ini masih cenderung lemah. Upaya tersebut diwujudkan dalam bentuk sidak on the spot yang dilakukan bersama-sama dengan Biro Keselamatan Kerja & Kebersihan (K3) Pabrik Tuban dan Gresik dengan reward menarik bagi mereka yang mematuhi standar K3 di lingkungan pabrik.
Hadiah yang disediakan Semen Gresik untuk program ini sangat menarik dan meriah. Terdapat 1 paket umroh, 3 sepeda motor, 2 LED TV, 2 mesin cuci, 6 HP dan berbagai peralatan elektronik lainnya. Selain itu, akan ada fasilitas pelayanan cek kesehatan gratis secara periodik. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban