Semester 1 2019 SBI Menunjukkan Kinerja Positif

kotatuban.com – PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (“SBI”) mengumumkan laporan keuangan perusahaan atas kinerja semester pertama tahun 2019. Meskipun pasar masih mengalami tekanan karena kelebihan pasokan, SBI terus mencatatkan tren kinerja positif sejak bergabung dengan Semen Indonesia Group pada bulan Februari tahun 2019.

“Dengan bergabung Semen Indonesia SBI menunjukan kinerja positif,” terang, Corporate Communication Manager PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, Diah Sasanawati pada press relaesnya, Rabu (7/8).

Menurutnya, asosiasi Semen Indonesia mencatat terdapat penurunan konsumsi semen nasional pada semester pertama tahun 2019, terutama karena melambatnya kegiatan proyek dan pembangunan sebagai dampak dari kegiatan Pemilihan Umum, Bulan Ramadhan dan libur Hari Raya Idul Fitri.

Hingga akhir semester pertama, SBI mencatat penurunan volume penjualan semen dan terak sebesar 2,4% dan berimbas pada penurunan pendapatan dari Rp4.611 milyar pada semester I/2018, menjadi Rp4.518 milyar pada semester I/2019. Di tengah persaingan pasar yang ketat dan perlambatan permintaan, SBI mampu mempertahankan pangsa pasar di semester I 2019 di angka 15,2%.

Laba bruto meningkat sebesar 36% dan EBITDA sebesar 99%. Pencapaian ini tidak lepas dari program-program efisiensi dan sinergi, yang terbukti berhasil menurunkan faktor-faktor biaya penjualan dan operasional, seperti penurunan biaya distribusi sebesar 9% dan penurunan biaya penjualan sebesar 59%. SBI juga berhasil mencetak Laba Sebelum Bunga dan Pajak Penghasilan sebesar Rp192 milyar, dibandingkan kerugian pada semester pertama tahun 2018.

“Upaya-upaya tersebut telah membantu SBI memperkecil kerugian dari Rp539 milyar pada semester I/2018, menjadi Rp 279 milyar pada semester I/2019,” ungkapnya.

Ke depan, SBI akan terus fokus untuk melanjutkan tren positif untuk memperbaiki kinerja keuangan dengan memperkuat fundamental operasional, serta fokus pada program-program penambahan nilai untuk konsumen, antara lain solusi digital dan produk kemasan untuk aplikasi khusus seperti PowerMax.

“Semoga kedepan kita dapat semakin baik lagi,” pungkasnya. (rto)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban