Sumur Tapen Hasilkan Minyak Mentah 250-270 Bph

kotatuban.com – Meski baru proses eksplorasi, ternyata Sumur Tapen yang terletak di Dusun Ketapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, sudah mampu menghasilkan minyak mentah. Sumur tersebut sudah mampu menghasilkan minyak mentah 250 – 270 barel per hari (Bph).

Proses eksplorasi sumur Tapen dilakukan oleh Pertamina Eksplorasi dan Produksi (Pertamina EP) asset IV Field Cepu untuk melengkapi data penunjang kajian geologi maupun geofisika. Hal itu dilakukan agar dapat diketahui   cadangan dan potensi sumur Tapen.

Sedangkan, eksplorasi Sumur Tapen dilakukan dengan cara mengeluarkan kandungan minyak mentah. Hal tersebut dilakukan agar mendapatkan data jumlah kandungan minyak yang ada di sumur tersebut.

”Sumur Tapen memang baru proses eksplorasi, tapi sudah menghasilkan minyak mentah. Karena memang salah satu cara eksplorasi minyak mentah harus ada yang keluar,” jelas Legal and Relations Manager Pertamina EP, Arya Dwi Paramita, saat dikonfirmasi kotatuban.com, Sabtu (5/4).

Menurutnya, selama proses eksplorasi, Sumur Tapen sudah mampu menghasilkan minyak mentah sekitar 250 hingga 270 Bph. Kondisi ini dirasa sangat menguntungkan. Karena selain mendapatkan data sebagai bahan kajian, juga menghasilkan minyak mentah sebagai penambah produksi nasional.

”Dengan keluarnya minyak ada nilai tambah, selain mendapatkan data juga mendapatkan keuntungan ekonomi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Arya mengatakan, saat ini Pertamina EP juga mulai melakukan proses eksplorasi di Sumur Tapen 3. Lokasinya terletak hanya beberapa meter dari lokasi pertama yang saat ini masih dilakukan proses eksplorasi.

”Kita juga sudah melakukan eksploitasi pada Sumur Tapen 3,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.