Tak Kerjasama dengan BUMDes, Toko Moderen “Haram” Berdiri di Tuban

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memoratorium terkait perijinan pendirian toko moderen di Kabupaten Tuban. Setelah Pemkab Tuban beberapa tahun terakhir melarang berdiri toko moderen seperti Indomart dan Alfamart di Bumi Wali.

Namun, toko moderen yang akan berdiri di Tuban wajib bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Selain itu, juga mendapatkan rekomendasi dari kepala desa (Kades) dimana toko moderen tersebut akan didirikan.

”Jika toko moderen tidak bekerjasama dengan BUMDes dan tidak mendapatkan rekomendasi dari kepala desa, maka ijin pendirian kita pastikan tidak akan keluar,” terang, Bupati Tuban, Fathul Huda, Selasa (05/12).

Menurutnya, langkah tersebut diambil salah satunya untuk mewadahi berdirinya BUMDes yang ada di desa-desa. Sehingga, nantinya dengan kerjasama antara BUMDes dengan toko moderen akan meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Dengan begitu secara otomatis perekonomian di desa dapat lebih berkembang dan maju.

”Untuk saat ini Alfamart dan Indomart yang akan berdiri di Tuban harus bekerjasama dengan BUMDes tidak boleh dengan perseorangan,” tandasnya.

Lebih lanjut Bupati Huda mengatakan, kerjasama tersebut merupakan yang dipandang paling mudah untuk hidupnya BUMDes. Karena toko moderen baik Indomaret maupun Alfamart telah memiliki sistem yang bagus. Selain itu, juga memiliki strategi jualan yang telah matang.

”Jika BUMDes ini bekerjasa dengan Indomart atau Alfamart saya yakin akan mudah berkembang. Karena mereka telah memiliki sistem yang bagus,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban