Tenun Gedok Bakal Dijadikan Percontohan Rakernas Dekranas

kotatuban.com – Kabupaten Tuban memiliki Potensi yang sangat baik dalam memajukan industri kerajinan berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terutama kain tenun gedog. Sehingga, tenun gedok asal Tuban ini bakal dijadikan percontohan dalam Rakernas Dekranas di Jakarta pada September 2017 mendatang.
Hal tersebut diungkapkan,

  • Nike Air Max 2018 Men
  • Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas, Brandon Belt Authentic Jersey I Gusti Ayu Bintang Darmawati, pada realisasi sinergitas Dekranas dan Dekranasda Tuban dalam rangka peningkatan UMKM di Kabupaten Tuban yang bertempat di Pendopo Krido Manunggal, Rabu (19/07).

    Menurutnya,

  • New Orleans Pelicans
  • bahwa Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM bersama Dekranas terus memperkuat sinergi dalam rangka melindungi pengusaha tenun tradisional dari serbuan barang impor. New Balance 990 damskie Hal ini dilakukan agar tenun tradisional tetap produktif dan terjaga kelestariannya sebagai warisan budaya.

    ”Tenun tradisional harus dipertahankan dari gempuran tenun asing yang mulai banyak masuk ke pasar dalam negeri. Ini sangat penting untuk mempertahankan warisana budaya lokal,” kata Wanita yang biasa di sapa Bintang Puspayoga ini.
    Bintang menegaskan Dekranas dan Kementerian Koperasi dan UKM menjalin sinergi untuk melakukan pelatihan SDM kerajinan tenun tradisional. Dekranas telah bergerak membina tenun tradisional khususnya di 6 sentra tenun di 6 propinsi, salah satunya tenun gedog Tuban.
    Menurut Istri Menteri Koperasi dan UKM ini, Dekranas adalah organisasi nirlaba tempat berhimpunnya penggiat industri kerajinan nasional dan menjadi elemen penggerak industri kerajinan menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah membina dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya dalam menghasilkan kerajinan yang bermutu dan berdaya saing tinggi.
    ”Tetapi saat ini Pengrajin umumnya memiliki keterbatasan modal dan pemasaran, maka diperlukan sinergi untuk melakukan pembinaan dan pengembangan usaha UMKM pengrajin dalam hal pemasaran, manajemen, Boise State Broncos permodalan, peningkatan mutu dan pemanfaatan teknologi,” ujarnya.
    Sementara itu Ketua Dekranasda Tuban, Maglie Toronto Raptors Qodiriyah Fathul Huda mengharapkan dalam pelatihan kedua ini akan lebih memantapkan para wirausaha baru dalam mengembangkan usahanya yang berbasis tekhnologi.
    Istri Bupati Tuban ini juga berharap agar peserta dapat menyerap materi semaksimal mungkin dan dapat mengaplikasikan damal pengembangan usahanya agar lebih meningkat lagi.
    ”Selain itu diharapkan dalam menghadapi MEA, para wisrausaha mutlak harus dapat meningkatkan daya saing terutama dengan pemanfaatan teknologi,” tambahnya.
    Saat ini menurut Qodiriyah, nike tn homme pelaku UMKM di Kabupaten Tuban tahun 2017 mencapai 65.536 orang, Canotte Dallas Mavericks Usaha mikro sebanyak 35.346 orang dan Koperasi sebanyak 1.303 unit. Dengan jumlah sebanyak itu tentu belum bisa terentuh pembinaan seluruhnya, sehingga diperlukan sinergitas dan bantuan dari Provinsi juga pusat demi meningkatkan perekonomian di Kabupaten Tuban.
    ”Oleh karenanya diharapkan kerjasama yang telah berjalan dengan baik saat ini tidak berhenti dan ada kelanjutan dimasa mendatang,” pungkasnya.

    Print Friendly, PDF & Email

    Direkomendasikan untukmu

    About the Author: kotatuban