Eksekutif Usulkan Sepuluh Raperda

image

kotatuban.com-Pemerintah Kabupaten Tuban usulkan sepuluh Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) baru Kabupaten Tuban. Sepuluh Raperda itu akan segera dibahas DPRD. Bupati Tuban Fathul Huda juga sudah menyampaikan nota oenjelasan pada sidang paripurna.

Adapun sepuluh Raperda baru yang diusulkan meliputi, Raperda tentang Kepala Desa,  Raperda tata cara pencalonan, pemilihan dan pelantikan Kepala Desa, Raperda pembentukan peraturan desa, Raperda pedoman pembangunan desa, Raperda pengelolaan sampah, Raperda perubahan atas peraturan daerah nomor 12 tahun 2012 tentang organisasi dan tata kerja lembaga lain di Kabupaten Tuban.

Selanjutnya Raperda pengelolaan tempat pelelangan ikan, Raperda Perusahaan daerah air munum, Raperda pencabutan peraturan daerah nomor 7 tahun 2003 tentang bagian desa dari hasil penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah dan peraturan daerah nomor 6 tahun 2004 tentang bagian desa dari hasil penerimaan pajak bumi dan bangunan, dan terakhir Raperda retribusi pelayanan kesehatan pada Dinas Kesehatan.

Bupati Tuban Fathul Huda, dalam nota penjelasan memaparkan, diantaranya adalah perda tentang Kepala Desa,  dengan telah ditatapkanya undang-undang nomor 6 tahun 2014, tentang desa, serta perkembangan ketata negaraan, maka desa telah berkembamg dengan berbagai bentuk, sehingga perlu dilindungi agar menjadi maju, kuat, mandiri dan Demokratis.

“Ke depan kepala desa memiliki peran yang penting dalam kedudukanya senagai kepanjangan tangan pemerintahnyang berhubungan langsung dengan masyarakat, maka perlu ada aturan yang memperkuat,” kata Bupati Tuban Fathul Huda, Sabtu (11//4).

Selain beberapa perda tentang pemerintahan desa dan pengelolaan serta pencalonan pemimpin desa, sebagai implementasi undang-undang di atasnya. Perda tentang pengelolaan sampah juga dianggap penting sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat Tuban dan peningkatan kesadaran berbudaya bersih.

“Perda ini untuk memberikan landasan bagi pemerintah dalam mengelola sampah, dengan begitu pemerintah dapat menjamin terselenggaranya pengelolaan sampah dengan baik dan berwawasan lingkungan, guna mewujudkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan daerah,” papar Bupati Tuban itu.

Bupati berharap, rancangan peraturan daerah yang diajukan itu mampu membawa dampak positif bagi pemerintahan Kabupaten Tuban serta masyarakat Tuban.

“Semoga raperda ini dapat menjadi perda guna mendorong pemerintahan Tuban lebih baik,” imbuh Bupati Huda. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban