Gandeng Perbankan Pemdes Penambangan Jalankan BUMDesa

kotatuban.com – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) sangatlah penting dimiliki oleh Pemerintahan Desa (Pemdes). Pasalnya, BUMDesa selain dapat mengurangi angka pengangguran di desa juga dapat menambah Pendapatan Asli Desa (PADes).
Kini banyak desa di Kabupaten Tuban yang telah berfikir pentingnya adanya BUMDesa. Salah satunya Desa Penambangan, Kecamatan Semanding dengan mendirikan BUMDesa “Nambangan Jaya Abadi”. Bahkan, bekerjasama dengan pihak perbankan.
Kepala Desa Nambangan, Karmani mengatakan, BUMDesa Nambangan memiliki berbagai unit usaha. Salah satu unit usaha bekerjasama dengan BNI untuk pembayaran, seperti pembayaran listrik, asuransi, angsuran, pulsa, dan berbagai pembayaran lainnya. Selain itu, BUMDesa tersebut juga berencana mendirikan bidang usaha Hippam, pengemasan air, dan bank sampah.
”Kita berharap BUMDesa ini menjadi pendorong perekonomian masyarakat desa dan meningkatkan Pendapatan Asli Desa, maka dengan adanya kerja sama dan support dari BNI kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak BNI dan menjadi penyemangat bagi BUMDesa untuk bekerja secara maksimal,” ujarnya kepada kotatuban.com, Sabtu (29/07).
Sementara itu, Kepala Cabang BNI 46 Tuban, Bintara mengatakan, Bank BNI sebagai salah satu bank milik pemerintah atau BUMN berkomitmen untuk membantu dan bekerja sama dengan BUMDesa. Juga untuk meningkatkan kinerjanya, sehingga akan menjadi BUMDesa yang mandiri dan bisa berkontribusi bagi pembangunan perekonomian masyarakat desa.
”Disamping kerja sama dengan BUMDesa dalam bentuk kemitraan dangan membuka agen 46, kami juga akan membantu dalam bentuk persoalan juga akses pemasaran produk BUMDesa,” ungkapnya.
Terpisah, Camat Semanding, Eko Julianto, sangat mengapresiasi dan mendukung adanya kerja sama antara BUMDesa “Nambang Jaya Abadi” dan Bank BNI Cabang Tuban. Eko Julianto juga berharap kerja sama ini menjadi stimulus bagi desa-desa lain di Kecamatan Semanding untuk segera mendirikan BUM Desa.
”Karena dengan hadirnya BUMDesa kami yakin akan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengurangan kemiskinan dan Peningkatan Pendapatan Asli Desa,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban