HMI Tuban Kecam Donald Trump Atas Pernyataannya Soal Yerusalem

kotatuban.com – Puluhan kader yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tuban melakukan aksi demonstrasi, Senin (11/12). Aksi unjuk rasa yang digelar dibundaran patung Letda Soecipto tersebut mengecam Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memindah Ibukota Israel ke Yerosalem.

Pada aksi unjuk rasa tersebut para aktivis membawa berbagai tulisan yang mengecam Donald Trump. Selain itu, juga membawa foto Presiden AS pengganti Barac Obama itu dan dicoret silang.

”Pemindahan Ibu kota Israel ke Yerosalem tersebut bukan lagi persoalan agama yang dikecam. Melainkan persoalan hak asasi manusia yang sangat terganggu. Hak manusia yang berada dikedua negara itu bisa terganggu. Stabilitas pun demikian. Karena ini sudah mengancam hak asasi manusia dunia,” terang, Ketua HMI Cabang Tuban, Imam Nur Wahyudi.

Menurutnya, Israel adalah sebuah negara yang didirikan oleh kelompok umat yahudi dengan merebut tanah milik Palestina semenjak 10 tahunan yang lalu. Sehingga terjadilah sebuah perebutan kekuasaan wilayah tentang keberadaan kota suci Yerusalem oleh kedua kelompok yahudi mengakui sebuah negara Israel dengan kelompok pribumi arab muslim yang mengakui negara Palestina.

”Pemindahan Ibu Kota Israel itu pasti akan menimbulkan konflik. Sehingga, pasti akan ada pelanggaran HAM disitu,” tandasnya.

Melalui pernyataan Donal Trump yang mengumumkan rencana pemindahan Kedutaan Besar AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerosalem akan menimbulkan konflik. Selain itu, juga bentuk kedzaliman terhadap umat islam di Palestina dengan sengaja dan sepihak merebut kota suci Yerusalem sebagai tempat sejarah umat islam.

Untuk itu, sebagai bagian dari umat islam, HMI Cabang Tuban menyatakan sikap, HMI Cabang Tuban mengecam pengakuan sepihak oleh Presiden Donald Trump atas tindakannya yang ingin memindahkan kedubes AS untuk lsrael ke kota Yerusalem yang jelas jelas milik kekuasaan negara palestina.

Selain itu, HMI Cabang Tuban menghimbau kepada umat islam di Indonesia untuk bersatu melakukan pengecaman terhadap pemerintah Amerika serta mendukung pemerintah Indonesia dalam menghentikan Pemerintah AS atas tindakan pemindahan kedubes AS di Israel.

”HMI Cabang Tuban meminta masyarakat Indonesia dan masyarakat Tuban untuk bersimpati sebagai bentuk rasa persatuan terhadap saudara sesama muslim palestina serta berdoa agar tempat suci yerusalem selalu berada dalam lindungan Allah SWT dari penjajah yahudi,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban