Festival Tonglek IPNU-IPPNU Pukau Ribuan Warga

Grup tonglek saat mengikuti festival tonglek IPNU-IPPNU Tuban
Grup tonglek saat mengikuti festival tonglek IPNU-IPPNU Tuban

kotatuban.com– Ribuan warga memadati Alon-Alon Kota Tuban tempat upacara pembukaan Festival Tonglek yang dihelat Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Tuban. Selain di Alon-Alon warga juga memadati rute yang dilalui 50 grup tonglek yang ambil bagian dari festival tahunan tersebut.

Bahkan, Jl Panglima Sudirman, Pemuda, Basuki Rahmad dan KH Mustain macet total. Kendaraan dari arah Semarang terpaksa dialihkan ke Jl Martadinata yang sebetulnya satu arus untuk kendaraan roda empat.

Tampaknya, kegiatan tahunan IPNU-IPPNU Tuban itu menjadi sararan rekreasi tersendiri bagi warga Tuban. Bahkan, mereka rela menunggu hingga tuntasnya kelima puluh grup tionglek yang menjadi peserta.

“Banyaknya warga yang datang di Alon-Alon maupun yang memadati rute yang dilalui peserta tonglek menjadi motivasi tersendiri bagi IPNU-IPPNU untuk lebih baik pelaksanaan festival di tahun-tahun mendatang,” ungkap Ketua IPNU Tuban, Falahuddin di sela-sela pelaksanaan Festivval Tonglek, Kamis (09/07) malam.

Salah seorang penonton tonlek menyebutkan, selain ingin melihat keramaian festival tonglek juga untuk bersantai sambil menunggu waktu sahur. “Lumayan, ada hiburan gratis, setelah tadarus sambil menunggu waktu sahur,” tutur Mohammad warga Kutorejo, Tuban.

Sementara itu dari 50 grup peserta tonglek sebagai juara I grup tonglek El Helwah, Kemuning, Kecamatan Semanding. Juara I selain mendapatkan piala juga mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 1.750.000. Juara II grup Kenong Stone, Bejagung Semanding mendapatkan hadiah uang Rp 1.250.000 dan piala. Juara III grup Sekar Arum, Temayang, Kecamatan Kerek mendapatkan hadiah uang Rp 1.000.000 dan pial. Selain itu juga diambil juara harapan masing-masing, Laras Kencono, Sumurgung, Tuban harapan I, Sekar Kamudita, Ngemplak Semanding, harapan II dan Al Mubarok, Leran Kulon, Palang, juara harapan III. (ros)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban