FITRA, Nilai KPU Tak Transparan Terkait Anggaran

Kantor KPUK Tuban
Kantor KPUK Tuban

kotatuban.com – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Jawa Timur menilai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, tidak transparan dalam menyampaikan informasi terkait anggaran.

Divisi Advokasi FITRA Jatim, Miftahul Huda, mengungkapkan, bahwa KPU Tuban kurang transparan terkit penggunaan anggaran untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban pada 9 Desember 2015 mendatang.

FITRA telah menyampaikan surat resmi kepada KPU Tuban untuk meminta rincian anggaran sebesar Rp 27,5 Miliar tersebut. Namun, KPU Tuban hanya memberikan jawaban  secara total kebutuhan anggaran tidak secara terperinci.

”Kita minta itu rincian anggaran tidak secara global seperti apa yang disampaikan oleh KPU. Kita meminta rincian tersebut karena setiap orang berhak memperoleh informasi publik,” terang Miftah, Kamis (28/05).

Menurutnya, surat jawaban yang disampaikan KPUK Tuban hanya menyebutkan, DIPA KPUK Tuban 2015 sebesar Rp 1,35 Miliar dialokasikan untuk Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas KPUK Rp 1,29 Miliar, dan Program Penguatan Kelembagaan Demokrasi dan Perbaikan Proses Politik sebesar Rp 57, 69 Juta.  Sementara RAB Pilkada dianggarkan Rp 27,50 Miliar lebih. Dana itu dialokasikan untuk honor dan lembur sebesar Rp 13,6 Miliar, sisanya Rp 13,90 Miliar untuk Pengadaan Barang dan Jasa.

”Kita meminta rinciannya, kalau global begitu bagaimana bisa akuntabel? Sebagai lembaga publik, wajib bagi KPUK Tuban jujur pada publik,” tegas Miftah.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri membantah jika lembaga yang dipimpinnya tersebut tidak transparan terkait anggaran. Pasalnya, pihaknya telah memberikan jawaban sesuai apa yang telah ditanyakan oleh FITRA kepada KPU Tuban.

”Surat itu menanyakan anggaran DIPA KPU Tuban yang bersumber dari APBN dan anggaran RAB Pemilukada KPU Tuban yang bersumber dari APBD Tuban 2015. Ya, kita menjawabnya sesuai dengan poin yang ditanyakan,” ungkapnya. (duc)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban