Gabah Murah Harga Beras Belum Terpengaruh

image
Stok penkual beras masih melimpah

kotatuban.com-Memasuki musim panen harga beras di pasaran belum terpengaruh. Meski harga gabah ditingkat petani rendah, yakni, dikisaran Rp2800 hingga Rp3.000 per kilogram juga belum berdampak pada harga komuditi pangan utama tersebut.

Muhajirin, pedagang beras, warga Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Tuban mengatakan, harga beras sampai hari ini masih stabil dan belum ada penurunan meski sudah memasuki musim panen.

“Beras dipasaran masih stabil, musim panen belum pengaruhi harga beras,” terang Muhajirin, Sabtu (05/03).

Ditambahkan Muhajirin, belum terpengaruhnya harga beras di pasaran kemungkinan disebabkan musim panen belum menyeluruh didaerah-daerah penghasil padi, seperti Rengel, Widang, Plumpamh, dan Senori.

“Musim panen belum menyeluruh, makanya stok beras di pasaran masih normal, biasanya saat stok melimpah harga juga akan turun,” terang Muhajirin.

Saat ini lanjut Muhajirin, beras berbagai kelas atau kualitaas masih staknan yakni antara Rp9.900 hingga Rp10.500 per kilogram untuk kualitas super,  Rp8.500 hingga Rp9.000 per kilogram beras kualitaas medium, dan Rp8.000 hingga Rp8.500 per kilogram beras biasa.

“Yang beragam harganya beras premium, ada juga yang 11.000 rupiah per kilogram itu yang sudah kemasan per 5 kilogram,” paparnya.

Sementara itu seperti diketahui, harga gabah kering panen, diakui para petani merosot dikisaran Rp2.500 hingga Rp2.800 per kilogram. Hal itu membuat petani mengeluh lantaran hasil panen nyaris tidak sebanding dengan biaya tanam.

“Kemarin ditawar pembeli 2.500 rupiah perkilo, murah sekali,” kata Sakidin, petani warga Desa Sumberejo, Kecamatan Merakurak yang ditemui kotatuban.com di area persawahan tengah memanen padi miliknya.(kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban