Gaji Dipagkas, Puluhan Sopir Dump Truk Demo

image
Sopir demo

kotatuban.com – Sedikitnya 20 sopir dump truk melakukan aksi demonstrasi di halaman PT Trindo Mas, Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Senin (04/05). Sopir yang bekerja di perusahaan transportasi asal Surabaya tersebut melakukan aksi demonstrasi lantaran gajinya dipotong oleh perusahaan tanpa ada keterangan.

Misalnya seperti, dulu sewaktu harga solar seharga Rp 6.400 perliter muatan gipsum dari Surabaya ke PT Semen Gresik pabrik Tuban diberikan uang soar dan uang saku sebesar Rp 750 ribu. Namun, saat ini harga solar Rp 6.900 para sopir hanya mendapatkan uang saku dan solar sebesar Rp 650 ribu saja.

”Pemotongan itu hanya dilakukan sepihak tanpa ada konfirmasi kepara sopir dulu. Saat kita bertanya kepihak perusahaan tidak ada jawaban secara pasti, katanya itu kebijakan perusahaan,” terang koordinator aksi, Salikun (36) kepada kotatuban.com.

Menurutnya, tidak hanya gaji yang kerap dipangkas, namun sopir juga terus diancam akan dipecat apabila tidak menuruti kemauan perusahaan. Selain itu, perusahaan tersebut juga tidak pernah mengajak koordinasi kepada para sopir terkait gaji atau uang saku setiap mengantar muatan.

”Soal gaji atau uang saku untuk solar, kami tidak pernah diajak rembukan oleh perusahaan. Semakin lama gajinya semakin sedikit dan tidak sesuai dengan perjanjian awal,” tandasnya.

Sementara itu, perwakilan PT Trindo Mas, Erik honor yang diberikan kepada para driver sudah sesuai dengan ketentuan perusahaan. Dan jika para driver atau sopir menuntut untuk kenaikan honor, perusahaan akan melakukan perhitungan kembali.

”Kita masih pikir-pikir atau menghitung ulang jika sopir minta kenaikan uang jalan,” katanya.

Saat disinggung terkait pemotongan honor atau uang jalan dan tidak sesuai dengan perjanjian Erik enggan berkomentar banyak. ”Tidak ada itu pemotongan,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban